Rahayu, Mukti Nur (2021) PENGARUH KUALITAS PELA YANAN SHOPEEFOOD TERHADAP MINAT BELi DAN KEPUASAN KONSUMEN DI KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_32801800054_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32801800054_fullpdf.pdf Download (17MB) |
Abstract
E-commerce adalah sebuah media telekomunikasi yang didalamnya terjadi proses pertukaran, pembelian, dan penjualan produk atau jasa yang menggunakan alat transportasi, baik secara fisik maupun digital dari lokasi ke lokasi. E-commerce Kuliner yang sedang ramai diperbincangkan di kota-kota besar khususnya kota Semarang adalah ShopeeFood. Peneliti melihat adanya pengaruh besar kualitas pelayanan terhadap minat beli dan kepuasan konsumen ShopeeFood. Dengan begitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: l) pengaruh kualitas pelayanan ShopeeFood terhadap minat beli 2) pengaruh kualitas pelayanan tehadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Semarang pengguna aplikasi Shopee dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori AIDDA. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada responden dengan teknik penentuan responden menggunakan purposive sampling. Perhitungan besamya pengaruh pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan IBM SPSS sebagai alat bantu untuk melakukan uji data statistik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh item kuesioner yang telah diuji dinyatakan valid karena r hi tung> r tabel (0, 195), dan juga dinyatakan reliabel dengan nilai diatas 0,60. Analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan (X) terhadap minat beli (YI) sebesar 0,654 dan taraf signifikansi 0,000 dan adanya hubungan yang signifikan antara kualitas pelayanan (X) dan kepuasan konsumen (Y2) sebesar 0,733 dan taraf signifikansi 0,000. Maka dari itu, dapat ditarik kesimpulan bahwa kualitas pelayanan ShopeeFood memiliki pengaruh positif secara signifikan terhadap minat beli dan kepuasan konsumen. Namun ada beberapa keterbatasan yang dijumpai dalam penelitian ini seperti variabel lain yang dapat memengaruhi minat beli dan kepuasan konsumen, misal kualitas produk. Di samping itu jawaban yang diberikan oleh responden yang kurang paham dengan masalah penelitian terkesan asal menjawab atau mengambil jalan tengahnya saja. Oleh karena itu diharapkan untuk penelitian selanjutnya untuk menambah variabel dalam penelitian dan menambahkan teori pendukung lainnya supaya penelitian kedepannya bisa lebih baik lagi. Kata Kunci : ShopeeFood, Kualitas Pelayanan, Minat Beli, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 07:14 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 07:14 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27301 |
Actions (login required)
View Item |