PENGARUH INTENSITAS TAYANGAN NCT DI CHANNEL YOUTUBE NCT TERHADAP PERILAKU IMITASI DAN FANATISME PADA KOMUNITAS NCTZEN DI SEMARANG

Safitri, Luthfi Amalia (2022) PENGARUH INTENSITAS TAYANGAN NCT DI CHANNEL YOUTUBE NCT TERHADAP PERILAKU IMITASI DAN FANATISME PADA KOMUNITAS NCTZEN DI SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800047_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800047_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB)

Abstract

Salah satu budaya asing yang terkenal di Indonesia adalah budaya K-POP atau Korean Pop seperti idol grup. Penelitian ini akan membahas boygrup NCT atau Neo Technology dan Fandomnya untuk mengetahui pengaruh intensitas tayangan NCT terhadap perilaku imitasi dan fanatisme anggota komunitas NCTZEN. Penelitian ini menggunakan teori belajar sosial atau social learning theory oleh Albert Bandura. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik purpose sampling dan rumus yamane untuk penentuan sampel. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah komunitas NCTzen Semarang sebagi objek penelitian. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menyebar kuisoner mengunakan skala likert. Pada pengujian pertama didapatkan nilai t hitung sebesar 3,455 dan t tabel sebesar 1,977. Jika intensitas tayangan semakin sering, maka perilaku meniru akan semakin kuat. Kemudian pengujian kedua didapatkan nilai t hitung sebesar 4.121 dan t tabel sebesar 1,977. Sehingga jika intensitas tayangan sering, maka perilaku fanatisme akan semakin kuat. Sehingga kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan hipotesis dapat diterima adanya pengaruh variabel intensitas tayangan terhadap perilaku imitasi dan fanatisme pada komunitas NCTzen Semarang. Kemudian keterbatasan penelitian ini adalah sulitnya membedakan teori mana yang cocok untuk digunakan didalam penelitian dan mencari referensi karena keterbatan pengetahuan penulis. Kata kunci : Intensitas tayangan, Perilaku Imitasi, Fanatisme

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:10
Last Modified: 19 Jan 2023 07:10
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27294

Actions (login required)

View Item View Item