REPRESENTASI NASIONALISME DALAM VIDEO KLIP “WONDERLAND INDONESIA” KARYA ALFFY REV

Satria, Galing Bima (2022) REPRESENTASI NASIONALISME DALAM VIDEO KLIP “WONDERLAND INDONESIA” KARYA ALFFY REV. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800042_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)

Abstract

Video klip menjadi salah satu media yang digunakan untuk menyampaikan pesan karena dapat menjangkau penonton yang luas dan juga dapat mengangkat tema yang relevan dengan masyarakat. Dalam hal ini video klip yang diteliti mengangkat tema Nasionalisme yang merupakan realitas yang ada di Indonesia. Video klip yang akan dibahas atau diteliti yaitu video klip yang berjudul “Wonderland Indonesia” karya Alffy Rev. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rasa Nasionalisme direpresentasikan dalam video klip “Wonderland Indonesia” berdasarkan teori analisis semiotika Roland Barthes dengan tiga tahapan yaitu denotasi, konotasi, dan mitos yang ada di dalamnya. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa representasi Nasionalisme yang ada dalam video klip terdapat delapanbelas scene yang memiliki makna denotasi, yang terdiri dari sepuluh scene unsur Nasionalisme, enam scene yang memiliki unsur budaya sebagai penguat Nasionalisme, dan dua lirik lagu yang memiliki unsur Nasionalisme. Pada konotasinya dalam video klip ini rasa nasionalisme digambarkan dengan unsur budaya yang menjadi penguat rasa nasionalisme dari diri anak bangsa. Mitosnya bahwa perbedaan budaya menjadi dasar persatuan berbangsa dan menjadi penguat rasa Nasionalisme dalam tubuh anak bangsa. Representasi nasionalisme yang ditemukan yaitu bentuk kecintaan terhadap bangsa Indonesia, bentuk kebergaman Budaya, bentuk perjuangan, dan bentuk penanaman rasa nasionalisme sejak dini. Kesimpulannya dalam video klip ini menggambarkan keadaan Indonesia sekarang ini dan memiliki pesan agar anak bangsa memiliki rasa Nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Kata kunci : Representasi, Video Klip, Nasionalisme, Budaya, Semiotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:09
Last Modified: 19 Jan 2023 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27292

Actions (login required)

View Item View Item