MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Pada Anak Sekolah Dasar Kelas V di SD Negeri Simpar Bandar, Kabupaten Batang)

Meiliana, Arswinda Ryska (2022) MOTIVASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi Kasus Pada Anak Sekolah Dasar Kelas V di SD Negeri Simpar Bandar, Kabupaten Batang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800018_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri Simpar Bandar Kabupaten Batang. Pada penelitian ini aspek yang diteliti adalah hal-hal yang berkaitan dengan motivasi intrinsik dan ekstrinsik belajar siswa, yang meliputi : hasrat dan minat keinginan berhasil, dorongan dan kebutuhan untuk melakukan keinginan, harapan dan cita-cita, penghargaan dan penghormatan dalam belajar, kegiatan yang menarik, serta lingkungan yang baik atau kondusif. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis Milles & Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini dapat didisajikan dan disimpulkan sebagai berikut : 1. Motivasi intrinsik (yang berasal dari dalam diri siswa), motivasi instrinsik berbeda antara satu siswa dengan siswa yang lain. Perbedaan tersebut dipengaruhi oleh tujuan, harapan, serta cita-cita pada diri siswa itu sendiri yang tentunya tidak sama. Ada yang memiliki motivasi intrinsik sangat kuat dan kurang kuat, bahkan lemah. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas V SD Simpar Badar Kabupaten Batang, menunjukkan bahwa motivasi intrinsik yang dimiliki siswa pada mata pelajaran PAI kurang baik, dimana mayoritas peserta didik yang pasif dalam kegiatan pembelajaran, kurangnya keinginan/hasrat dalam belajar, serta terdapat kurangnya dorongan dalam belajar serta kurangnya kepekaan mengenai harapan dan cita-cita dalam dirinya. 2. Motivasi ekstrinsik (yang berasal dari luar diri siswa), motivasi ekstrinsik siswa tentunya merupakan motivasi tambahan yang berasal dari luar diri siswa. Dalam hal pembelajaran di dalam kelas, motivasi ekstrinsik ini berasal dari guru. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas V SD Simpar Badar Kabupaten Batang, menunjukkan bahwa motivasi ekstrinsik siswa pada mata pelajaran PAI sudah cukup baik, karena mayoritas siswa menyadari akan rangsangan yang diberikan oleh guru, yang menjadikan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan mudah memahami materi. Guru juga menggunakan metode pembelajaran yang variatif, serta tak lupa terus membangun kesadaran dan dorongan kepada siswa untuk selalu bersemangat demi mencapai masa depan yang cerah. Kata Kunci : motivasi; pendidikan agama islam; sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:08
Last Modified: 19 Jan 2023 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27290

Actions (login required)

View Item View Item