PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GROWTH MINDSET TERHADAP PRESTASI DAN KECEMASAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA DI KELAS IV SD IT ASSHODIQIYAH

Susilowati, Dewi (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GROWTH MINDSET TERHADAP PRESTASI DAN KECEMASAN BELAJAR SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA DI KELAS IV SD IT ASSHODIQIYAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800022_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika berbasis growth mindset terhadap prestasi belajar siswa (2) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika berbasis growth mindset terhadap kecemasan belajar siswa (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran matematika berbasis growth mindset terhadap prestasi dan kecemasan belajar siswa dalam memecahkan soal cerita di kelas IV SD IT Asshodiqiyah. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Sampel diambil menggunakan teknik nonprobability sampling tepatnya sampling sistematis dari populasi 21 menggunakan rumus solvin diambil sebanyak 20 siswa Hasil uji normalitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal.Uji hipotesis pertama berupa uji t (Paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower -39,94620 dan Upper -30,85380 keduanya bernilai negatif. Nilai sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05. Uji hipotesis kedua berupa uji uji t (Paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat Lower 7.21671 dan Upper 11.18329 keduanya bernilai positif dan sig. (2-tailed) = 0,000 < 0,05. Uji hipotesis ketiga berupa uji multivariate menggunakan uji manova menunjukkan tidak adanya pengaruh dilihat sig. multivariate 0,841. Pada prestasi belajar sig. 0,628 > 0,05 dan kecemasan belajar sig. 0,764 > 0,05 kedua sig. > 0,05. Simpulannya ialah bahwa pembelajaran matematika berbasis growth mindset berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Pembelajaran matematika berbasis growth mindset berpengaruh terhadap kecemasan belajar siswa. Pembelajaran matematika berbasis growth mindset tidak berpengaruh terhadap prestasi dan kecemasan belajar siswa secara bersamaan. Kata Kunci : Pembelajaran Matematika, Growth Mindset, Prestasi Belajar dan Kecemasan Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:05
Last Modified: 19 Jan 2023 07:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27288

Actions (login required)

View Item View Item