KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi tentang Komunikasi Antar Budaya di Kalangan Mahasiswa Etnis Sunda dan Mahasiswa Etnis Jawa di Universitas Islam Sultan Agung)

Delaneira, Dea Najma (2022) KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA DI KALANGAN MAHASISWA (Studi tentang Komunikasi Antar Budaya di Kalangan Mahasiswa Etnis Sunda dan Mahasiswa Etnis Jawa di Universitas Islam Sultan Agung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800029_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800029_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Dahulu masyarakat etnis Sunda dan masyarakat etnis Jawa telah melakukan persaingan dagang yang sangat ketat, mengakibatkan campuran bahasa antara kedua etnis ini tidak terjadi dan tetap bertahan hingga turun temurun. Universitas Islam Sultan Agung merupakan universitas di Semarang terdiri dari mahasiswa yang memiliki beragam etnis di Indonesia khususnya etnis Sunda dan etnis Jawa, maka komunikasi yang dihasilkan berbeda dan memiliki berbagai hambatan. Tujuan penelitian diantaranya adalah: (a) mengetahui Pengalaman Komunikasi antara mahasiswa etnis Sunda dan mahasiswa etnis Jawa di Universitas Islam Sultan Agung (b) mengetahui Pandangan terhadap Budaya yang berbeda (c) mengetahui komunikasi antarbudaya yang terjadi antara kedua etnis pada era Pandemi COVID-19 atau New Normal. Paradigma yang dipakai adalah Paradigma Interpretif. Tipe penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan metode Fenomenologi untuk menganalisis komunikasi mahasiswa yang berbeda budaya yaitu etnis Sunda dan etnis Jawa. Adapun teori yang digunakan adalah Teori Negosiasi Wajah dari Stella Ting-Toomey. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan (a) Pengalaman Komunikasi yang dialami mahasiswa etnis Sunda dan mahasiswa etnis Jawa di Universitas Islam Sultan Agung diminta untuk mempertahankan mimik wajah (facework) ketika dihadapkan dengan seseorang yang berbeda kebudayaan dengan dirinya, meskipun terdapat perbedaan akan tetapi mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung yang berasal dari etnis Sunda dan yang berasal dari etnis Jawa mampu untuk menerima serta memposisikan dirinya ditengah-tengah perbedaan budaya. (b) sedangkan untuk Pandangan terhadap Budaya di kalangan mahasiswa etnis Sunda dan mahasiswa etnis Jawa di Universitas Islam Sultan Agung telah berupaya untuk tetap bersikap positif dan menghilangkan dugaan-dugaan negatif terhadap mahasiswa yang berbeda kebudayaan antara etnis Sunda dan etnis Jawa. (c) Komunikasi Antar Budaya di Kalangan mahasiswa etnis Sunda dan etnis Jawa di Universitas Islam Sultan Agung di era Pandemi COVID-19 atau New Normal dapat dilakukan dengan komunikasi jarak jauh atau pembelajaran secara daring (dalam jaringan). Kegiatan komunikasi yang dilakukan antara kedua etnis berbeda tersebut dapat berupa Verbal Communication dan Nonverbal Communication dengan menggunakan media yang sama. Kata Kunci : Komunikasi Antar Budaya, Etnis, Pengalaman Komunikasi, Pandangan Budaya, Pandemi COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:04
Last Modified: 19 Jan 2023 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27287

Actions (login required)

View Item View Item