PELAKSANAAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN TAḤFIDZ AL-QUR’AN di SMP IT AL FATEEH DESA TLOGOMULYO KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG

Saputra, Andika (2022) PELAKSANAAN METODE YANBU’A DALAM PEMBELAJARAN TAḤFIDZ AL-QUR’AN di SMP IT AL FATEEH DESA TLOGOMULYO KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800013_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini penulis membahas tentang pelaksanaan metode yanbu’a dalam pembelajaran taḥfidz Al-Qur’an di SMP IT Al Fateeh Desa Tlogomulyo, Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Fokus penelitian ini adalah meliputi: pertama, perencanaan metode yanbu’a dalam pembelajaran taḥfidz Al-Qur’an, kedua, pelaksanaan metode yanbu’a dalam pembelajaran taḥfidz Al-Qur’an, ketiga, hasil pembelajaran taḥfidz Al-Qur’an dengan metode yanbu’a. Data penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penilitian adalah meliputi reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini mencakup 3 hal yaitu: (1) perencanaan metode yanbu’a dalam pembelajaran Al-Qur’an bahwa dalam perencanaan pelaksanaan metode yanbu’a dalam pembelajaran taḥfidz Al-Qur’an di SMP It Al-Fateeh Desa Tlogomulyo Kecamatan Pedurungan Kota Semarang bisa dikatakan cukup baik dan terstruktur. (2) pelaksanaan metode yanbu’a dalam pembelajaran taḥfidz Al-Qur’an di SMP IT Al Fateeh Desa Tlogomulyo Kecamatan Pedurungan Kota Semarang, sudah efektif dan efesien sesuai target yang telah direncanakan. (3) hasil pembelajaran taḥfidz Al-Qur’an dengan metode yanbu’a bahwa hasil pembelajaran taḥfidz Al-Qur’an dengan metode yanbu’a dapat dinyatakan sudah mencapai target yang telah direncanakan, karena hasil tersebut menjadi syarat standar kelulusan peserta didik di SMP IT Al Fateeh Desa Tlogomulyo Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Kata Kunci : Metode Yanbu’a; Pembelajaran Taḥfidz Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:04
Last Modified: 19 Jan 2023 07:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27286

Actions (login required)

View Item View Item