REPRESENTASI KELAS SOSIAL DALAM DRAMA KOREA SQUID GAME KARYA HWANG DONG HYUK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Widiastuti, Ayu (2022) REPRESENTASI KELAS SOSIAL DALAM DRAMA KOREA SQUID GAME KARYA HWANG DONG HYUK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800026_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Film merupakan salah satu media yang digunakan sebagai informasi. Banyak pula film yang mengangkat tema mengenai kritikan dalam kesenjangan sosial dimasyarakat Korea Selatan. Kesenjangan sosial atau kelas sosial dalam film merupakan salah satu bentuk realitas sosial yang ada, selain itu juga menjadi sebuah kritik sosial bagi masyarakatnya. Drama yang akan dibahas atau diteliti yaitu Squid Game karya Hwang Dong-Hyuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kelas sosial direpresentasikan dalam drama Korea Squid Game berdasarkan denotasi, konotasi dan mitos yang ada di dalamnya. Penelitian ini merupakan tipe penelitian kualitatif dengan paradigma kritis. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu semiotika Roland Barthes. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiology Roland Barthes berupa signifikasi dua tahap (Two order of signification) yaitu denotasi dan konotasi, yang kemudian dibagi dalam penanda dan petanda. Kemudia Roland Barthes melihat aspek lain yang disebut mitos. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa representasi kelas sosial yang ada dalam drama ini terdapat pada 18 scene yang memiliki makna denotasi. Pada konotasinya masyarakat dari kelas sosial bawah atau miskin selalu diposisikan berada dibawah masyarakat kelas sosial atas atau orang kaya. Mitosnya kesenjangan sosial terbentuk karena stereotip yang berkembang dimasyarakat Korea Selatan. Representasi kelas sosial yang ditemukan yaitu tiga bentuk kemiskinan, dua bentuk kemewahan, satu bentuk perbudakan, satu bentuk kalangan kelas bawah sebagai bahan taruhan, lima bentuk perbedaan pemberian makanan dan minuman dikelas sosial, dua bentuk kelas bawah sebagai tontonan, dan empat bentuk melakukan apapun demi mendapatkan uang. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, denotasi merupakan makna yang paling nyata atau apa adanya yang tergambarkan oleh tanda, dalam penelitian ini ditemukan 18 scene yang menggambarkan representasi kelas sosial. Konotasi merupakan makna subjektif dan berfariasi, dalam penelitian ini ditemukan bahwa kelas sosial nyata dalam kehidupan dimasyarakat. Mitos merupakan hasil dari konstruksi budaya yang sudah terbentuk lama dalam suatu masyarakat, dalam penelitian ini ditemukan bahwa representasi kelas sosial dalam drama Korea Squid Game terbentuk karena adanya kesenjangan sosial yang sudah ada sejak dahulu. Dalam penelitian ini terdapat keterbatasan yaitu, menggunakan bahasa Korea Selatan, yang mana bisa saja ada kata-kata yang memiliki arti tidak sesuai dengan terjemahan ke bahasa Indonesia. Penelitian dapat diperluas melalui aspek lain seperti representasi kesetaraan gender, maskulinitas laki-laki, feminisme, dan lainnya. Kata Kunci : Representasi, Film, Kelas Sosial, Kesenjangan Sosial, Semiotika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:58
Last Modified: 19 Jan 2023 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27285

Actions (login required)

View Item View Item