ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KEKERASAN PADA ANIME ATTACK ON TITAN (ANALISIS SEMIOTIK MODEL CHARLES SANDERS PIERCE)

SYAFIQ, ARYO NUR (2022) ANALISIS SEMIOTIKA TENTANG REPRESENTASI KEKERASAN PADA ANIME ATTACK ON TITAN (ANALISIS SEMIOTIK MODEL CHARLES SANDERS PIERCE). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800023_fullpdf.pdf

Download (13MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801800023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)

Abstract

Kekerasan berarti penganiayaan, penyiksaan, atau perilaku salah. Kekerasan dapat diartikan sebagai perihal keras atau perbuatan seseorang atau sekelompok orang yang menyebabkan cidera atau matinya seseorang dan menyebabkan kerusakan fisik pada orang lain. kekerasan tersebut merupakan kekerasan secara non verbal dan juga terdapat kekerasan yang melukai psikis dan mental kekerasan, kekerasan yang menggunakan kata-kata berupa ejekan bahkan ancaman, kekerasan tersebut merupakan secara verbal. Skripsi ini akan mengkaji tentang representasi kekerasan yang terjadi di dalam tayangan anime “Attack on Titan”. Penelitian ini menggunakan analisis semiotik model Charles Sanders Pierce yang mengkaji tentang tanda, objek, dan menimbulkan suatu Interpretant. Hasil Penelitian ini adalah Eren Yaeger yang merupakan Titan Penyerang yang melakukan tindakan kekerasan dengan tujuan balas dendam atas kekejaman yang telah dilakukan bangsa marley terhadap bangsa eldia sebelumnya. Objek didalamnya juga terlihat bangsa marley yang disiksa, dibunuh hingga dimakan oleh Eren Yaeger untuk membalas dendam atas kekejaman bangsa marley sebelumnya. Sehingga menunjukan bahwa didalam tayangan Anime Attack on Titan tersebut memang banyak terjadi unsur kekerasan verbal dan non verbal, kekerasan fisik dan psikis yang dilakukan oleh Eren Yaeger karena kekejaman yang sudah dilakukan oleh bangsa Marley terhadap bangsa Eldia sebelumnya. Kata Kunci : Representasi, Kekerasan, Anime Attack on Titan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:50
Last Modified: 19 Jan 2023 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27281

Actions (login required)

View Item View Item