IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQH POKOK BAHASAN WUDHU KELAS VII SMP AL-FATTAH SEMARANG

Ramadhani, Aizah (2022) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQH POKOK BAHASAN WUDHU KELAS VII SMP AL-FATTAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800008_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih pokok bahasan wudhu di kelas VII SMP Al-Fattah. Aspek yang diteliti meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis dalam penelitian ini melalui tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII SMP Al-Fattah meliputi : 1) Perencanaan, dimana sebelum melaksanakan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran fiqih kelas VII SMP Al-Fattah, dilakukan beberapa perencanaan yang dibuat dengan terstruktur, yaitu: dengan membuat RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang disusun dengan terstruktur agar tujuan yang diharapkan tercapai. 2) Pelaksanaan, meliputi : langkah tahap awal (pendahuluan & pengkondisian), tahap inti (pembelajaran), tahap akhir (penutup) yang secara umum bisa dikatakan sudah sesuai, efektif dan efisien. 3) Evaluasi beserta kendala dan solusi, secara umum kendala yang didapati dalam pembelajaran adalah terbatasnya waktu karena dengan menggunakan metode demonstrasi harus memerlukan waktu yang cukup banyak. Solusi yang diterapkan: pendidik bisa mengatur dan mengonsep waktu yang digunakan disaat pembelajaran berlangsung. Peneliti bisa menyimpulkan bahwa kendala yang dihadapi dalam pembelajaran metode demonstrasi kelas VII SMP AL-Fattah dapat dikatakan minim, serta solusi yang diberikan juga sudah cukup baik. Kata Kunci: Implementasi, Metode Demonstrasi, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:49
Last Modified: 19 Jan 2023 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27280

Actions (login required)

View Item View Item