POLA BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI

Rifa’i, Ahmad (2022) POLA BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS 9 SMP NEGERI 1 JUWANA KABUPATEN PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800007_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Tolak ukur keberhasilan dalam proses belajar dapat dilihat dari tingkat penguasaan materi, pemahaman, dan hasil belajar siswa, semakin tinggi prestasi siswa maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan pembelajaran. Prestasi siswa sendiri sangat bergantung pada kegiatan belajar yang mereka lakukan, kegiatan belajar sendiri memiliki beberapa faktor, diantaranya adalah pola belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskrptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Milles & Huberman yang meliputi reduksi data penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi Dari analisis data ditemukan: 1) Pola belajar individu Mata Pelajaran PAI Dalam Pokok Bahasan Sejarah Perkembangan Islam Di Nusantara meliputi karakteristik, langkah-langkah, serta kelebihan dan kekurangan pola belajar individu. 2) pola belajar kelompok Mata Pelajaran PAI Dalam Pokok Bahasan Sejarah Perkembangan Islam Di Nusantara meliputi karakteristik, langkah-langkah, serta kelebihan dan kekurangan pola belajar kelompok. 3) pola belajar terbimbing Mata Pelajaran PAI Dalam Pokok Bahasan Sejarah Perkembangan Islam Di Nusantara meliputi karakteristik, langkah-langkah, serta kelebihan dan kekurangan pola belajar terbimbing. Kesimpulan yang didapat meliputi: 1) Pola belajar individu efektif untuk pokok bahasan Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara dengan tujuan membangun pengetahuan atau kognitif siswa. 2) Pola belajar kelompok efektif untuk pokok bahasan Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara dengan tujuan mengembangkan keterampilan atau psikomotorik siswa. 3) Pola belajar terbimbing efektif untuk pokok bahasan Sejarah Perkembangan Islam di Nusantara dengan tujuan mengembangkan sikap atau afektif siswa. Kata kunci: Pola belajar, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:36
Last Modified: 19 Jan 2023 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27278

Actions (login required)

View Item View Item