PEMANFAATAN MEDIA KAHOOT SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MA AL-BURHAN GEDAWANG

Sholihah, Qonita (2022) PEMANFAATAN MEDIA KAHOOT SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN FORMATIF PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MA AL-BURHAN GEDAWANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800004_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan media kahoot sebagai penilaian formatif pada pembelajaran fiqih dan apa saja kendala yang dialami saat menggunakan media kahoot sebagai penilaian formatif di MA Al-Burhan Gedawang. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu guru fiqih ibadah dan peserta didik kelas X di MA Alburhan Gedawang. Teknik pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pemanfaatan media kahoot sebagai penilaian formatif pada pembelajaran fiqih ibadah kelas X di MA Al-Burhan Gedawang sangat efektif dan juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa hal ini bisa dibuktikan dari hasil post tes setelah menggunakan media kahoot sebagai penilaian formatif. Pemanfaatan kahoot sebagai penilaian formatif sangat menarik, efektif dan menyenangkan dipergunakan dalam proses pembelajaran, serta penggunaan media kahoot dapat meningkatkan semangat peserta didik dalam belajar fiqih ibadah serta dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran. Kendala yang dialami saat menggunakan media kahoot sebagai penilaian formatif pada pembelajaran fiqih ibadah kelas X di MA Al-Burhan Gedawang yaitu terletak pada jaringan internet menggunakan wifi karena kebetulan saat melakukan penilaian formatif menggunakan media kahoot, saat bersamaan fasilitas milik sekolah yaitu lab komputer tidak bisa di pakai karena sedang digunakan untuk kepentingan lainnya kemudian alternatif lainnya menggunakan beberapa laptop milik pengasuh pondok pesantren di MA Al-Burhan, karena wifi milik sekolah tidak bisa dimanfaatkan solusinya yaitu dengan cara menggunakan hotspot lewat handphone tetapi hal tersebut awalnya kurang efektif dan juga menghambat proses penilaian formatif, karena jaringan yang lambat akhirnya menggunakan 3 handphone sekaligus untuk digunakan sebagai jaringan internet atau hotspot sebagai pengganti wifi sekolah, hal tersebut sangat membantu dan penilaian formatif menggunakan media kahoot dapat berjalan dengan baik. Kata Kunci : Kahoot, Penilaian Formatif, Fiqih Ibadah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:28
Last Modified: 19 Jan 2023 04:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27271

Actions (login required)

View Item View Item