Firdaus, Avionita (2022) UMKM TALKS SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KARYA NOESANTARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_32801800017_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (615kB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32801800017_fullpdf.pdf Download (22MB) |
Abstract
Karya Noesantara adalah sebuah e-ecommerce yang menjembatani UMKM dengan pemerintah menggunakan model bisnis C2C dan B20. Sebagai e-commerce yang baru muncul di tahun 2021, Karya Noesantara harus bersaing dalam industry bisnis digital di Indonesia. Guna menghadapi persaingan tersebut, Karya Noesantara menggunakan UMKM Talks sebagai salah satu strategi komunikasi pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana UMKM Talks digunakan sebagai strategi komunikasi pemasaran Karya Noesantara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dengan wawancara mendalam, observasi dan studi pustaka sebagai teknik pengumpulan datanya dan dengan teori komunikasi pemasaran terpadu. Subjek dari penelitian ini adalah tiga informan yang terdiri dari I kepala operasional Karya Noesantara, I koordinator UMKM Talks dan I partisipan event. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Karya Noesantara menerapkan strategi pemasaran berupa segmentasi, targeting dan posisitoning (STP) sebelum menentukan komunikasi pemasaran terpadunya. Dimana segmentasinya adalah pemilik usaha mikro dengan targeting UMKM di Indonesia dan positioning menjadi platform bagi UMKM di Indonesia yang terhubung langsung dengan pemerintah. Setelah STP ditetapkan, Karya Noesantara memilih event marketing berjudul UMKM Talks sebagai komunikasi pemasaran terpadu dan UMKM Talks telah menggunakan dan mengintegrasikan tahapan komunikasi pemasaran terpadu untuk mengembangkannya secara efektif dan melalui pendekatan teori kemungkinan elaborasi, partispan UMKM Talks memproses pesan yang disampaikan melalui jalur terpusat dan mencapai tujuan yang diharapkan oleh Karya Noesantara. UMKM Talks juga telah memenuhi unsur event marketing yang baik yaitu entertainment, entreprise dan excitement. Keterbatasan penelitian . . Int terbatasnya narasumber yang terlibat dalam objek penelitian. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah untuk meneliti objek acara dengan skala yang lebih besar. Kata kunci : event marketing, komunikasi pemasaran terpadu, strategi pemasaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 02:40 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 02:40 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27266 |
Actions (login required)
View Item |