IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZ AL-QUR’AN DI MTs. DARUN NAJAH DESA NGEMPLAK KIDUL KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2020/2021

Thohari, Irfan (2022) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIZ AL-QUR’AN DI MTs. DARUN NAJAH DESA NGEMPLAK KIDUL KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501800001_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program tahfiz Al-Qur’an di MTs. DARUN NAJAH Desa Ngemplak Kidul, Kecamatan Margoyoso, Kabupaten Pati. Aspek yang diteliti meliputi aspek perencanaan, langkah-langkah, serta kendala dan solusi implementasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis kualitatif dengan sifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis Milles & Huberman yang meliputi reduksi data penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian ini dapat dideskripsikan bahwa implementasi program Tahfiz Al-Qur’an di MTs. DARUN NAJAH meliputi : 1) Perencanaan, dimana sebelum melaksanakan implementasi program Tahfiz Al-Qur’an di MTs. DARUN NAJAH, dilakukan beberapa perencanaan yang panjang dan terstruktur, yang meliputi : seleksi siswa yang diterima masuk dalam program Tahfiz, target dan tujuan ideal materi yang ingin dicapai, penyiapan guru yang berkompeten, penyiapan fasilitas, dan penyiapan kurikulum, strategi serta metode pembelajarannya Peneliti dapat menyimpulkan bahwa aspek perencanaan yang dilakukan bisa dikatakan cukup baik, bahkan sangat baik dan terstruktur. Semua bentuk persiapan tersebut telah dijalankan secara maksimal. 2) Langkah-langkah, meliputi : langkah tahap awal (pendahuluan&pengkondisian), tahap inti (pembelajaran), tahap akhir (penutup) yang secara umum bisa dikatakan sudah sesuai, efektif dan efisien. 3) Kendala dan solusi, secara umum kendala yang didapati dalam pembelajaran adalah fokus siswa yang kurang dan kurangnya pengawasan pihak keluarga/orang tua kepada anaknya. Solusi yang diterapkan : mengetatkan aturan pembelajaran, membangun hubungan baik dengan wali murid. Peneliti bisa menyimpulkan bahwa kendala yang dihadapi dalam program Tahfiz Al-Qur’an di MTs. DARUN NAJAH dapat dikatakan minim, serta solusi yang diberikan juga sudah cukup ideal. Hal tersebut menunjukkan bahwa pembelajarannya berjalan dengan baik dan berhasil. Kata Kunci : pendidikan islam; implementasi; Tahfiz al-qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 02:37
Last Modified: 19 Jan 2023 02:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27261

Actions (login required)

View Item View Item