PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR

Zulaihah, Siti (2022) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800068_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD N 1 Selopuro Lasem. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan desain penelitian menggunakan Pre Experimen tepatnya One Group Pretest Posttest Design dan teknik pengambilan sampel dengan nonprobability sampling tepatnya menggunakan sampling sistematis sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menggunakan data nilai pretest dan posttest menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest lebih baik dibandingkan nilai pretest yaitu 87,52 dan 41,24. Sedangkan hasil uji normalitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari L_maks pretest dan L_maks posttest yang nilainya < L_tabel yaitu 2,069. Uji hipotesis pertama berupa uji t (paired sample t-test) dengan bantuan program SPSS menunjukkan hasil adanya pengaruh dilihat dari lower dan upper bernilai negatif yaitu upper sebesar -41,087 dan lower sebesar -51,473. Nilai Sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0,000 yang berarti < α = 0,05 maka H_0 ditolak dan H_a diterima dimana H_a = terdapat pengaruh nilai anatar pretest dan posttest yang signifikan setelah diberikan perlakuan model Problem Based Learning. Simpulan penelitian ini adalah model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran matematika kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 04:27
Last Modified: 19 Jan 2023 04:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27256

Actions (login required)

View Item View Item