PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DAN MOTIVATOR TERHADAP KINERJA GURU DI MI ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI TAHUN AJARAN 2020/2021

Rahmiarti, Izzuna (2022) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DAN MOTIVATOR TERHADAP KINERJA GURU DI MI ROUDLOTUSYSYUBBAN TAWANGREJO WINONG PATI TAHUN AJARAN 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
31501700056_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peran kepala madrasah sebagai supervisor dan motivator terhadap kinerja guru MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati dengan obyek penelitian adalah kepala madrasah dan guru MI Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode pengambilan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran kepala madrasah sebagai supervisor dan motivator memberikan pengaruh terhadap perbaikan dan peningkatan kinerja guru baik proses maupun hasil dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai target kurikulum. Berdasarkan hasil penelitian tersebeut diperoleh data bahwa kepala madrasah sebagai supervisor dan motivator memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kinerja guru baik melalui interaksi antara kepala madrasah dengan guru dan interaksi antar sesama guru sehingga dapat meningkatkan kinerja guru. Kata Kunci: Kepala madrasah sebagai supervisor, kepala madrasah sebagai motivator, dan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam)
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 03:56
Last Modified: 19 Jan 2023 03:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27252

Actions (login required)

View Item View Item