PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN PRAMPELAN 1 SAYUNG

Maesaroh, Siti (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF QUIZIZZ BERBASIS BLENDED LEARNING PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN PRAMPELAN 1 SAYUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800066_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya penggunaan media pembelajaran di Sekolah Dasar terutama pada pembelajaran IPA materi sistem organ pencernaan makanan. Materi ini membutuhkan sebuah media interaktif berbasis quizizz yang dapat meningkatkan pemahaman siswa, sehingga motivasi belajar siswa akan tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) yang merupakan penelitian gabungan antara kualitatif dan kuantitatif dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini adalah kevalidan media interaktif quizziz berbasis blended learning termasuk pada kategori baik, praktis dapat digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar materi organ pencernaan makanan pada manusia, dihitung dengan Uji Gain sebesar (45,8%) dan berdasarkan uji paired samples t test diperoleh nilai Sig. 0.000 < 0.05, atau Thitung 16,893 > Ttabel 2, 06866. Maka dapat dikatakan bahwa siswa mengalami siswa mengalami peningkatan prestasi belajar yang tinggi. Kata Kunci: Pengembangan Media Interaktif Quizizz Berbasis Blended Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:30
Last Modified: 19 Jan 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27248

Actions (login required)

View Item View Item