PENGARUH KREDIBILITAS SUMBER DAN EFEKTIVITAS PESAN PADA IKLAN TOKOPEDIA X BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SULTAN AGUNG

HARDIANI, ANNISA SAFITRI (2022) PENGARUH KREDIBILITAS SUMBER DAN EFEKTIVITAS PESAN PADA IKLAN TOKOPEDIA X BTS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS SULTAN AGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801700006_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_32801700006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)

Abstract

Maraknya e-commerce yang ada saat ini mempengaruhi tren gaya belanja dari konvensional atau offline, kini berubah menjadi serba online. Perusahaan dituntut untuk memiliki cara kreatif dalam beriklan agar bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli suatu produk. Promosi dengan menggunakan iklan pun tak hanya menampilkan merek atau produk saja, melainkan juga menggunakan model sebagai pendamping iklan dan sebagian dari mereka dipercaya menjadi duta merek (brand ambassador) sebagai strategi yang digunakan perusahaan. Dalam penelitian ini, variabel keputusan membeli merupakan penentu dari penelitian ini, sesuai dengan teori A-T-R yaitu Awareness (kesadaran), Trial (percobaan), dan Reinforcement (penguatan) dari iklan tersebut apakah mempengaruhi perilaku konsumen khalayak dan menjadikan masyarakat memutuskan membeli pada sebuah produk tersebut. Salah satu perusahaan dengan strategi tersebut adalah Tokopedia. Bahwasannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas sumber dan efektifitas iklan pada iklan Tokopedia X BTS berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Sultan Agung, dengan menerapkan teori A-T-R yang ada. Peneliti mengambil paradigma postivisme untuk penelitian ini dan penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Kausalitas. Dalam memilih sampel, peneliti memilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi t hitung dari variabel Kredibilitas Sumber adalah 0,000. Karena nilai 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien variabel Kredibilitas Sumber positif, maka disimpulkan bahwa terjadi pengaruh positif dan signifikan antara Kredibilitas Sumber dengan Keputusan Pembelian secara statistik. Dan diketahui bahwa nilai signifikansi t hitung dari variabel Efektifitas Pesan adalah 0,010. Karena nilai 0,010 < 0,05 dan nilai koefisien variabel Efektifitas Pesan positif, maka disimpulkan bahwa terjadi pengaruh positif dan signifikan antara Efektifitas Pesan dengan Keputusan Pembelian secara statistik. Adapun saran dalam penelitian ini, diharapkan pada penelitian selajutnya, peneliti lebih cermat lagi dalam memilih sampel penelitian atau dapat menambahkan faktor lain yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Dalam penelitian ini, peneliti menyadari bahwa penelitian ini memiliki keterbatasan kemampuan peneliti untuk meneliti lebih dalam, maka diharapkan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian selanjutnya sehingga menjadi lebih baik. Untuk Tokopedia tetap pertahankan promosi online nya dan tingkatkan lagi kreativitas nya dalam konten promosi khususnya dengan menggunakan endorse BTS, sehingga konsumen pun akan lebih tertarik. Harapan peneliti, Tokopedia dapat menjadi trend center bagi e-commerce lainnya. Sedangkan untuk para konsumen sebagai calon konsumen ataupun konsumen tetap dalam melakukan pembelian produk di Tokopedia diharapkan dapat memberikan rating yang layak, dikarenakan akan mempengaruhi citra Tokopedia itu sendiri. Kata Kunci : Kredibilitas Sumber, Efektifitas Iklan, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:26
Last Modified: 19 Jan 2023 06:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27240

Actions (login required)

View Item View Item