ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER THINGKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Kumalasari, Rini (2022) ANALISIS KEMAMPUAN HIGHER THINGKING SKILLS (HOTS) SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800062_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB)

Abstract

Reformasi yang terjadi diwarnai dengan diterapkannya pembelajaran serta evaluasi yang lebih berorientasi kepada Higher Order Thinking Skill (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tinggi. HOTS memberi peranan yang sangat besar dalam mendukung prestasi akademik siswa, dengan HOTS siswa mampu memecahkan masalah, menyeleksi ide ataupun pendapat, berhipotesis, berpendapat dengan bijak serta sanggup menguasai situasi yang lebih rumit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan Higher Thingking Skills (HOTS) siswa pada mata pelajaran Matematika di sekolah dasar SDN Gebangsari 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berjumlah 28 siswa dan menggunakan sampel sebanyak 6 siswa. Kemampuan HOTS tinggi dapat memenuhi indikator menganalisis, mengevaluasi dan mengkreasi, sedangkan kemampuan sedang dapat memenuhi indikator menganalisis dan mengevaluasi, kemampuan rendah dapat memenuhi indikator menganalisis, namun elum dapat memenuhi indikator mengevaluasi dan mengkreasi. Kata Kunci: Kemampuan, Higher Thingking Skills (HOTS), Pelajaran Matematika, Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:35
Last Modified: 19 Jan 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27236

Actions (login required)

View Item View Item