SISTEM MONITORING DAN KONTROL KUALITAS AIR PADA KOLAM IKAN KOI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

PRATAMA, ANDHIKA BAYU (2022) SISTEM MONITORING DAN KONTROL KUALITAS AIR PADA KOLAM IKAN KOI BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Informatika_32601601032_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
Teknik Informatika_32601601032_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pada penelitian ini dirancang suatu sistem yang dapat digunakan sebagai memonitor dan kontrol kualitas air kolam ikan koi dengan tujuan dapat membantu pemelihara ikan koi meningkatkan pertumbuhan pada ikan koi itu sendiri. Saat ini ikan koi banyak diminati oleh beberapa pecinta ikan hias pada kolam rumah atau perkantoran. Melihat ikan koi yang berenang di dalam kolam dapat membantu menurunkan tekanan darah & denyut jantung, selain itu juga dapat di jadikan sebagai stress relief pada tubuh manusia. Ikan koi merupakan ikan hias yang sangat sensitif terhadap kualitas air, oleh karena itu kualitas air sangat berperan dalam perkembangan ikan koi itu sendiri. Pertumbuhan ikan koi tergantung pada beberapa faktor yaitu jenis ikan, sifat genetis, kemampuan memanfaatkan makanan, ketahanan terhadap penyakit, ruang gerak, dan kualitas air. Pada penelitian ini terdapat empat parameter penting yang dijadikan sebagai acuan untuk mengamati kualitas air ikan koi, parameter suhu ideal ikan koi adalah 25 - 30°C, parameter keasaman ideal ikan koi adalah berkisar antara 7.0 – 8.7 pH, parameter minimum oksigen terlarut (DO) ikan koi adalah 5 ppm, sedangkan batas maksimum parameter kekeruhan atau turbidity ikan koi adalah 2000 NTU. Pada penelitian ini telah dibuat sistem yang dapat memonitor dan mengontrol kualitas air kolam ikan koi dengan menggunakan sensor dissolved oxygen (DO), sensor pH, sensor suhu, dan sensor turbidity. Dengan menggunakan metode forward chaining kualitas air telah dikendalikan dengan baik dalam menentukan keputusan dan pengendalian sesuai dengan aturan pakar. Selain itu sistem ini dapat menjalankan fungsi pengambilan data, pengambilan keputusan, pengiriman data ke cloud dan dapat menjalankan aktuator dengan baik. Pada penelitian ini didapatkan nilai akurasi kinerja sistem 100% dengan sepuluh kali percobaan. Kata kunci : Kualitas Air, Internet of Things, Forward Chaining, Ikan Koi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:33
Last Modified: 19 Jan 2023 06:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27232

Actions (login required)

View Item View Item