PENG AR UH TERPAAN TAY AN GAN SINETRON "SUARA HA TI ISTRI'' TERHADAP PERSEPSI DAN SIKAP TENTANG KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi pada lbu Rumah Tangga di RW 01 Kelurahan Bawen Kabupaten Semarang)

SEBASTIAN, HANDI (2022) PENG AR UH TERPAAN TAY AN GAN SINETRON "SUARA HA TI ISTRI'' TERHADAP PERSEPSI DAN SIKAP TENTANG KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (Studi pada lbu Rumah Tangga di RW 01 Kelurahan Bawen Kabupaten Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_31001600398_fullpdf.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_31001600398_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Televisi merupakan salah satu sarana hiburan yang dekat dengan masyarakat. Sekarang, hampir setiap rumah memiliki media komunikasi audiovisual ini. Selain harganya yang murah, siarannya pun kini dapat menjangkau ke seluruh pelosok tanah air. Semua program acara dapat dinikmati oleh masyarakat tanpa pandang lokasi geogafis, budaya dan social ekonomi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Terpaan Tayangan Sinetron Suara Hati Istriterhadap Persepsi tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan Pengaruh Terpaan Tayangan Sinetron Suara Hati lstri" terhadap Sikap tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksplanatif, maka pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 72 responden ibu rumah tangga di RW O I Keluarahan Bawen Ka bu paten Semarang. Kemudian analisis penelitian dilakukan dengan menggunakan bantuan aplikasi IBM SPSS 26 dan teknik pengujian data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengujian semua item pertanyaan dinyatakan valid. Pada uji reliabilitas semua variabel terpaan tayangan sebesar 0,805 variabel persepsi sebesar 0,919 dan sikap sebesar 0,914. Selain itu nilai signifikasi terpaan tayangan (X) terhadap persepsi (YI) angka signifikansi 0,000 maka HO ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan antara terpaan tayangan terhadap persepsi ibu rumah tangga. Terpaan tayangan (X) terhadap sikap (Y2) angka signifikansi 0,000 maka HO ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh signifikan antara terpaan tayangan terhadap sikap ibu rumah tangga. Kedua hasil tersebut sesuai dengan teori kultivasi, program tayangan sinetron yang ditoton membawa penagruh terhadap persepsi dan sikap ibu rumah tangga dan terjadi perubahan perilaku akibat dampak dari seringnya menonton televisi. Keterbatasan penelitian yaitu penyebaran kuesioner dilakukan di lingkungan RW 0 I yang seluruh responden adalah ibu rumah tangga sehingga terkadang terkendala waktu yang tidak pasti, ha! ini dikarenakan adanya kesibukan sebagai ibu rumah tangga dan juga masih ada yang kurang paham mengenai pengisian kuesioner sehingga peneliti harus menjelaskan berulang-ulang. Kata Kunci: Terpaan Tayangan, Persepsi, Sikap

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:32
Last Modified: 19 Jan 2023 06:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27230

Actions (login required)

View Item View Item