PENGARUH BLENDED LEARNING DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTU MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KOMPETENSI IPA KELAS V SDI SULTAN AGUNG 4

Sukma, Rahma Rizky (2022) PENGARUH BLENDED LEARNING DENGAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTU MEDIA VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF KOMPETENSI IPA KELAS V SDI SULTAN AGUNG 4. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800057_fullpdf.pdf

Download (10MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini yaitu terkait hasil belajar siswa pada kompetensi IPA yang rendah khususnya pada ranah kognitif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan Desain penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental design, tepatnya menggunakan Nonequivalent Control Grup Design yaitu desain ini hampir sama dengan pretest posttest control grup design. Sampel yang diambil menggunakan sampel sistematis dari populasi 55 siswa diambil sebanyak 49 siswa. Tujuan dari penelitian ini, mengetahui pengaruh Blended Learning dengan Model Flipped Classroom Berbantu Media Video terhadap hasil belajar kognitif Kompetensi IPA Kelas V SDI Sultan Agung 4, serta untuk mengetahui apakah terdapat Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Kompetensi IPA antara Pembelajaran Konvensional dengan Blended Learning Model Flipped Classroom Berbantu Media Video di Kelas V SDI Sultan Agung 4. Hasil uji normaitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari Lmaks pretest 0,137 Lmaks posttest 0,133 yang nilainya < dari L tabel yaitu 0,179. Uji Hipotesis pertama berupa uji t (paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower dan Upper bernilai negative yakni Upper sebesar -18,270 dan Lower sebesar -27,312. Nilai Sig. (2-tailed) meperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0,05 dan uji hipotesis kedua berupa uji t (Independent Simple t-test) menunjukkan ada perbedaan dilihat dari Lower dan Upper bernilai negative yakni Lower sebesar -13,651 dan Upper sebesar -3,109. Nilai Sig. (2-tailed) meperlihatkan angka 0,002 yang berarti < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: Blended Learning Model Flipped Classroom, Media Video, Hasil Belajar Kognitif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:46
Last Modified: 19 Jan 2023 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27224

Actions (login required)

View Item View Item