Windahasti, Nur (2022) ANALISIS PELAKSANAAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI GENUKSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.
Text
34301800056_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
Abstract
Penelitian berfokus pada analisis pelaksanaan pendidikan inklusi khusus. Pelaksanaan pendidikan inklusi yang tidak semua sekolah dasar ada, menjadi daya tarik untuk dilakukannya penelitian terutama untuk mengetahui lebih jauh mengenai pendidikan inklusi dan jenis anak berkebutuhan khusus yang ada di dalam pendidikan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru melakukan identifikasi terhadap siswa berkebutuhan khusus, jenis-jenis siswa berkebutuhan khusus yang ikut dalam pendidikan inklusi, dan pelaksanaan pendidikan inklusi khusus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru inklusi, guru kelas, dan siswa inklusi SD Negeri Genuksari 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang dilakukan bersifat deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara guru dalam mengidentifikasi siswa ABK yaitu dengan melihat perbedaan siswa ketika berada di kelas reguler, terdapat tiga jenis ABK yaitu rata-rata bawah, slow learner atau lamban belajar, dan disabilitas intelektual ringan, dan pelaksanaan pendidikan inklusi dilaksanakan secara privat di ruang perpustakaan. Kata Kunci : Pendidikan Inklusi, Jenis ABK, ABK
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Jan 2023 06:46 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 06:46 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27221 |
Actions (login required)
View Item |