PENGARUH BAHAN AJAR BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 GUBUG

Rizqi, Nurul Auliya (2022) PENGARUH BAHAN AJAR BAHASA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 GUBUG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800055_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut terciptanya masyarakat yang gemar belajar. Belajar merupakan aspek yang paling mendasar dalam pendidikan. hasil dari pola manusia belajar harus melewati perantara baca dan tulis. Membaca merupakan proses belajar yang dapat menghasilkan pengetahuan dan wawasan dari sumber informasi yang dibaca. Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Jika anak pada usia sekolah permulaan tidak segera memiliki kemampuan membaca maka ia akan mengalami kesulitan dalam mempelajari berbagai bidang studi pada kelas-kelas berikutnya. Membaca merupakan aktivitas yang kompeleks yang memerlukan sejumlah tindakan seperti pengamatan dan ingatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh pengembangan bahan ajar Bahasa Indonesia terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri 1 Gubug. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah sejumlah 30 siswa SDN 1 Gubug. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengucapkan Gambar menyebutkan bunyi huruf (X1) berpengaruh terhadap kemampuan membaca (Y) hal ini dibuktikan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 5,213 > 1,703 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan). Kemampuan anak membedakan gambar huruf (X2) berpengaruh terhadap kemampuan membaca (Y) hal ini dibuktikan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,374 > 1,703 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan). Dengan demikian maka hipotesis 2 (H2) bahwa kemampuan anak membedakan gambar huruf (X2) berpengaruh terhadap kemampuan membaca (Y) terbukti.Kemampuan anak menyebutkan kata pada gambar (X3) berpengaruh terhadap kemampuan membaca (Y) hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,374 > 1,703 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 (signifikan). Kata Kunci : Bahan Ajar, Kemampuan Membaca, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:43
Last Modified: 19 Jan 2023 06:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27218

Actions (login required)

View Item View Item