PENERAPAN METODE COLLABORATIVE FILTERING PADA SISTEM REKOMENDASI WISATA HERITAGE

FACHMAJI, ANDREANSYAH NUR (2022) PENERAPAN METODE COLLABORATIVE FILTERING PADA SISTEM REKOMENDASI WISATA HERITAGE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Teknik Informatika_32601500949_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Teknik Informatika_32601500949_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Sistem rekomendasi adalah sistem yang bertanggung jawab atas mesin rekomendasi yang mampu mengidentifikasikan dan merekomendasikan konten berpotensi yang berdasarkan penyaringan informasi. Teknologi dewasa ini semakin berkembang dalam hal otomatisasi dan keefektifan dalam melakukan suatu hal. Mulai dari teknologi hardware maupun software. Salah satu teknologi yang ada disini yaitu software berupa Sistem Rekomendasi Wisata Heritage Dengan Metode Collaborative filtering. Sistem ini bertujuan untuk mencari tempat wisata Heritage atau wisata bersejarah yang telah diberi rating oleh penggunjung lain yang sudah pernah menggunjungi tempat wisata tersebut. Dengan menggunakan metode collaborative filtering akan mendapatkan saran rekomendasi dari berbagai pengguna lain. Sistem pada rekomendasi wisata Heritage menggunakan metode collaborative filtering terdiri dari 6 wisata Heritage, 3 pengguna, 12 rating wisata Heritage. Rekomendasi dengan metode collaborative filtering sehingga akan menghasilkan nilai rekomendasi untuk setiap tujuan wisatanya. Kata Kunci: Collaborative filtering, wisata, rekomendasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources > ZA4050 Electronic information resources
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:54
Last Modified: 19 Jan 2023 06:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27210

Actions (login required)

View Item View Item