PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BERAHAN KULON

Amany, Nailul (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI BERAHAN KULON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800050_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini guna mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Minat Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Berahan Kulon. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Eksperimental Design (nondesign) dengan alur penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Tujuan penelitian ini, (1) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa (2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap minat belajar siswa (3) untuk mengetahui model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar kognitif siswa dan minat belajar siswa kelas IV SD Negeri Berahan Kulon. Penelitian mengguakan pendekatan kuantitatif metode eksperimen, dengan desain penelitian Pre-Experimental Design. Sampel diambil menggunakan teknik Nonprobability Sampling atau biasa disebut sampling jenuh yaitu menggunakan semua anggota populasi yang berjumlah 21 siswa. Hasil uji normalitas data menujukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Uji hipotesis pertama berupa uji t (Paired sample t test) menujukkan adanya pengaruh dari lower -36,7048 dan upper -27,06326 keduanya bernilai negatif. Nilai sig. (2-tailed) memperlihatkan angka 0,000 yang berarti < 0.05. Uji hipotesis kedua berupa uji t (Paired sample t test) menujukkan adanya pengaruh dari lower -9,27667 dan upper -,62809 keduanya bernilai negatif. Uji hipotesis ketiga berupa uji multivariate menggunakan uji manova menujukkan adanya pengaruh dilihat sig. multivariate 0,000. Pada hasil belajar kognitif sig <0,05 dan minat belajar sig. < 0,05 kedua sig < 0,05. Simpulannya ialah model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Model pembelajaran quantum teaching berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa secara bersamaan. Kata kunci : Model Pembelajaran, quantum teaching, hasil belajar kognitif, dan minat belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:02
Last Modified: 19 Jan 2023 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27205

Actions (login required)

View Item View Item