PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BUKU SAKU IPS ELEKTRONIK DALAM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KELAS IV SDN TUGU 2

Atika, Nabila (2022) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF BUKU SAKU IPS ELEKTRONIK DALAM BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA KELAS IV SDN TUGU 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800048_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, keefektifan dan pengembangan media interaktif buku saku IPS elektronik. Penelitian ini dilatar belakangi terbatasnya penggunaan media pembelajaran ketika melaksanakan blended learning menggunakan WhatsApp Group saja, serta minimnya pengetahuan guru mengenai media interaktif, sehingga upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dikembangkan sebuah media interaktif. Penelitian ini mengembangkan dua produk yang terdiri dari media cetak serta digital dengan pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluate). Dari hasil kelayakan yang dilakukan kepada dua validator ahli media terhadap media interaktif buku saku IPS elektronik cetak memperoleh presentasi sebesar 92% kategori sangat layak, sedangkan hasil kelayakan yang dilakukan kepada dua validator ahli media terhadap media interaktif buku saku IPS elektronik digital memperoleh presentasi sebesar 96% kategori sangat layak. Media interaktif buku saku IPS elektronik cetak maupun digital sangat praktis digunakan dengan dibuktikan berdasarkan hasil angket siswa terhadap media cetak maupun digital memperoleh presentase sebesar 95%, sedangkan pada hasil angket guru terhadap media cetak maupun digital memperoleh presentase sebesar 90%. Hasil prestasi belajar kognitif dari pretest dan postest dihitung dengan menggunakan uji N-gain mengalami peningkatan sebesar 0,70 kategori tinggi. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji paired sampel t-test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig. (2-Tailed) = 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat perbedaan secara signifikan antara prestasi belajar kognitif sebelum dan sesudah menggunakan media interaktif buku saku IPS elektronik materi keragaman budaya Indonesia. Dengan demikian, media interaktif buku saku IPS elektronik yang dikembangkan layak dan efektif, sehingga dapat meningkatkan hasil prestasi belajar kognitif siswa kelas IV SDN Tugu 2. Kata Kunci: Media Interaktif, Buku Saku IPS Elektronik, Prestasi Belajar Kognitif, Keragaman Budaya Indonesia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:00
Last Modified: 19 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27201

Actions (login required)

View Item View Item