PENERAPAN ICE BREAKING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SD NEGERI BABADAN

Adianto, Muhammad Haris (2022) PENERAPAN ICE BREAKING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI SISWA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS 4 SD NEGERI BABADAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800046_fullpdf.pdf

Download (13MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

Tidak ada pendidikan sama sekali yang memungkinkan sekelompok orang berkembang sesuai dengan keinginannya untuk maju, berkembang, dan hidup bahagia. Semakin tinggi aspirasi tersebut, semakin menuntut pula untuk meningkatkan standar pendidikan sebagai metode untuk mewujudkan tujuan tersebut. Pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan standar pendidikan dengan mencermati setiap ciri atau elemen yang terlihat di lingkungan sekolah dasar, yang merupakan tingkat dasar bagi siswa untuk memperoleh informasi pendidikan. Khususnya sepanjang proses belajar mengajar antara dosen dan mahasiswa. Pendidikan bukan hanya upaya untuk memberikan pengetahuan dan mengembangkan keterampilan, juga bukan sekedar cara untuk mempersiapkan kehidupan masa depan, tetapi untuk kehidupan anak-anak yang saat ini sedang tumbuh dan mendekati dewasa. Tetapi ada faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar dan hasil belajar kognitif. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Ice Breaking dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas 4 SDN babadan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Ice Breaking dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 4 SDN babadan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dalam penelitian ini ada 2 kelas yang dibandingkan yaitu : kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa angket siswa serta soal pretest dan posttest. Analisis data dilakuakn secara kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kata kunci—Ice Breaking, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:00
Last Modified: 19 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27200

Actions (login required)

View Item View Item