KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS IV SD

Mahmudah, Muftikhatul (2022) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TAKE AND GIVE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS IV SD. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800045_fullpdf.pdf

Download (6MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah Kemampuan pemahaman konsep dan sikap tanggung jawab siswa di kelas IV SD masih rendah dan belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keefektifan model pembelajaran Take And Give terhadap kemampuan pemahaman konsep dan sikap tanggung jawab siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalen Control Group Design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas IV SD berjumlah 40 siswa. Penentuan sampel menggunakan sampling kuota. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes dan angket. Uji hipotesis dianalisis dengan uji normalitas, homogenitas, ujiindependent samplest-test dan uji paired samples t-test. Hasil penelitian ini adalah: (1)terdapat perbedaan keamampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas IV SD antara yang menggunakan model pembelajaran take and give dan konvensional dibuktikan dengan uji independent samples t-test sebesar Sig.(2-tailed) 0,002<0,005 dan paired samples t-tetSig.(2-tailed) 0,000<0,005. (2)terdapat perbedaan sikap tanggung jawab siswa di kelas IV SD antara yang menggunakan model pembelajaran take and give dan konvensional dibuktikan dengan uji independent samples t-test sebesar Sig.(2-tailed) 0,000<0,005 dan uji paired samples t-test sebesar Sig.(2-tailed) 0,000<0,005.Berdasarkan hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya perubahan hasil pembelajaran secara signifikan sebelum dan sesudah diberikan model pembelajaran Take And Give kepada siswa kelas IV SD hal tersebut menunjukkan kalau model Take And Give efektif digunakan untuk memberikan kemampuan pemahaman konsep matematika dan efektif digunakan untuk memunculkan sikap tanggung jawab siswa.. Kata kunci: ModelTake And Give, Kemampuan Pemahaman Konsep, Sikap Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:00
Last Modified: 19 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27199

Actions (login required)

View Item View Item