PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR

Fatkhuriyah, Maulida (2022) PENGARUH METODE INQUIRY TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800044_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada rendahnya kemampuan literasi sains yang dimiliki siswa pada saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metode inquiry terhadap kemampuan literasi sains yang dimiliki siswa kelas 5 SD Islam Sultan Agung 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Pre-Eksperimental Design”. Adapun sampel yang digunakan adalah siswa kelas 5 A dengan jumlah muridnya ada 28 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan datanya yaitu tes pretests-posttest. Teknik analisis data ini menggunakan uji t yang digunakan adalah statistic paramentrik yaitu paired sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan: disimpulkan terdapat pengaruh metode inquiry terhadap kemampuan literasi sains yang dimiliki siswa di kelas 5 A SD Islam Sultan Agung 1 Semarang. Terbukti dengan nilai t_hitung sig (2-tailed) = 0,000<0,05, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Metode Inquiry, Literasi Sains, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 06:59
Last Modified: 19 Jan 2023 06:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27198

Actions (login required)

View Item View Item