PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIGITAL STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENDONGENG SISWA KELAS IV SDN 1 TEMPEL

Qoni’ah, Marifatul (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIGITAL STORY TELLING TERHADAP KETERAMPILAN MENDONGENG SISWA KELAS IV SDN 1 TEMPEL. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800043_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB)

Abstract

Pada penelitian ini ditemukan permasalahan yaitu pembelajaran Bahasa Indonesia dimana keterampilan membaca puisi ini pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Tempel termasuk tergolong rendah baik dari segi pengolahan materi, pengolahan vokal,penghayatan,ekspresi, pengolahan bahasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen yang termasuk true experimental design dengan jenis posttest only control group design. Metode penelitian yang diterapkan adalah metode eksperimen. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran digital story telling terhadap keterampilan mendongeng siswa. Hasil dari analisis data normalitas data nilai posttest berdistribusi normal, pada data kelas eksperimen di atas nilai Lmaks 0,172 < Ltabel 0,180 atau Sig 0,135 > 0,05 dan pada data kelas kontrol nilai Lmaks 0,156 < Ltabel 0,180 atau Sig 0,076 > 0,05 berarti kedua data berdistribusi normal. Selain itu data juga homogen, pada nilai Sig sebesar 0,376. Maka Sig 0,376 > 0,05 sehingga Ho diterima artinya data memiliki varians yang homogen. Hipotesis Uji Independent Sample T-Test membuktikan adanya perbedaan dilihat dari Lower dan Upper yang bernilai negatif yaitu Lower -18.634 dan Upper -7.670. sedangkan Sig (2-tailed) bernilai 0,000. Maka dikatakan dari data output tersebut menunjukkan bahwa, Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran digital story telling terhadap keterampilan mendongeng siswa kelas IV SDN 1 Tempel. Kata Kunci: Keterampilan mendongeng, Model Pembelajaran Digital Story Telling.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:30
Last Modified: 17 Jan 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27197

Actions (login required)

View Item View Item