PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MUATAN PKN KELAS III SDN 02 KERTOMULYO

Rojannah, Lulu’ Isma (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK MUATAN PKN KELAS III SDN 02 KERTOMULYO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800042_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan peserta didik dalam memahami konsep, peka akan suatu masalah yang terjadi sehingga mampu memahami, menyelesaikan masalah, atau bisa mengaplikasikan konsep ke dalam situasi yang berbeda. Kemampuan ini secara umum maupun khususnya di SDN 02 Kertomulyo masih cukup rendah, diperlukan suatu kreatifitas berserta inovasi guru dalam pembelajaran khususnya dalam menerapkan suatu model dan media pembelajaran, salah satu model dan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir serta melibatkan peserta didik secara aktif di dalam pembelajaran ialah model discovery learning berbantuan media pop-up book. Bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran discovery learning berbantuan media pop-up book terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar soal tes. Teknik analisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat perbedaan menyelesaikan soal kemampuan berpikir kritis yang signifikan dalam mata pelajaran PKn antara sebelum dan sesudah menggunakan model discovery learning berbantuan media pop-up book hal ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis berupa paired sample t-test, terlihat pada kolom Lower dan Upper masing-masing bernilai negatif yakni -29,72207 untuk Lower dan -17,77793 untuk Upper. Nilai dari Sig. (2-tailed): 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Discovery Learning, dan Pop-Up book.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:29
Last Modified: 17 Jan 2023 06:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27196

Actions (login required)

View Item View Item