PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN 1 SUKAMUKTI

Widiyanti, Firda (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER (GQGA) TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MUATAN IPA SISWA KELAS V SDN 1 SUKAMUKTI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800033_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)

Abstract

Hasil Belajar kognitif merupakan perubahan yang terjadi pada diri seseorang dimana perubahan tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran sebab dari kegiatan belajar mengajar dari peserta didik. Hasil belajar ini secara umum dan khususnya di SDN 1 Sukamukti masih tergolong rendah. Diperlukan suatu kreatifikan dan inovasi guru dalam pembelajaran khususnya dalam menerapkan suatu model dan media pembelajaran. Salah satu model dan media pembelajaran yang dapat mengembangkan hasil belajar terutama hasil belajar kognitif dan melibatkan peserta didik secara aktif di dalam pembelajaran adalah model tipe giving question and getting answer. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen tepatnya dengan pre eksperimental desaign. Sampel diambil menggunakan sampel sistematis dari populasi 34 diambil sebanyak 32 peserta didik. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran tipe giving question and getting answer terhadap hasil belajar kognitif pada muatan IPA siswa kelas V SDN 1 Sukamukti, serta untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan model pembelajaran tipe giving question and getting answer dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) di kelas V SDN 1 Sukamukti. Hasil uji normaitas data menunjukkan nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dilihat dari hasil analisis data yaitu melalui rata-rata nilai pretest dan posttest dimana pretest 61.31 dan posttest 87.50. Uji hipotesis yang telah memperlihatkan bahwa terdapat perubahan atau perbedaan hasil belajar kognitif pada muatan IPA siswa kelas V SDN 1 Sukamukti. Uji Hipotesis pertama berupa uji t (paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower dan Upper bernilai negative yakni Lower sebesar -27.58667 dan Upper sebesar -24.78833. Nilai Sig. (2-tailed) meperlihatkan angka 0.000 yang berarti < 0.05 dan uji hipotesis kedua berupa uji t (One Simple t-test) menunjukkan ada perkembangan dilihat dari hasil uji hipotesis dengan rumus t-test, yaitu uji One sample t-test dengan ketentuan sig.(2-tailled) < α yaitu 0.000 < 0.05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model pembelajaran tipe Giving Question and Getting Answer, IPA.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:25
Last Modified: 17 Jan 2023 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27185

Actions (login required)

View Item View Item