ANALISIS MARKETING MIX SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN UMKM BINAAN DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN GROBOGAN

Setyorini, Erlin (2022) ANALISIS MARKETING MIX SEBAGAI UPAYA PEMBERDAYAAN UMKM BINAAN DINAS KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KABUPATEN GROBOGAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401800110_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
Manajemen_30401800110_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam upaya pemberdayaan UMKM, Dinas Koperasi Dan UKM Kabupaten Grobogan dihadapkan pada beberapa permasalahan. Diantara berbagai permasalahan yang ada, bauran pemasaran yang masih kurang inovatif merupakan salah satu faktor penting untuk dikaji lebih lanjut. Bauran pemasaran (marketing mix) yaitu : product, price, place, promotion yang inovatif diperlukan agar pelaku UMKM dapat mengoptimalkan kegiatan pemasarannya dan meningkatkan omzet penjualan produknya. Menganalisis beberapa permasalahan yang ada pada UMKM dan mengumpulkan beberapa data dari pelaku usaha, serta mengunjungi home industri tempe keripik untuk mengetahui keadaan UMKM sesungguhnya. Banyak para pelaku usaha yang belum memaksimalkan bauran pemasaran serta kurangnya inovasi dari pelaku usaha terhadap produk mereka dan kurang memaksimalkan pemasaran secara online melalui marketplace. Keterbatasan pemahaman teknologi juga merupakan salah satu faktor penghambat. Perlu adanya perbaikan terhadap bauran pemasaran produk-produk UMKM di Kabupaten Grobogan. Hal ini semakin penting dengan adanya perubahan selera konsumen dan kemajuan teknologi di bidang pengolahan makanan, pengemasan dan pemasaran, para pelaku usaha perlu mengikuti dan melakukan berbagai inovasi terhadap produk-produk yang dijual, agar tetap mampu bersaing di pasar. Kata Kunci : Pemberdayaan umkm, bauran pemasaran (marketing mix)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jan 2023 07:06
Last Modified: 19 Jan 2023 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27180

Actions (login required)

View Item View Item