Rahman, Ilham Afdhal (2022) ENGARUH STRATEGI KOMUNIKASI DAN PERSEPSI MASYARAKAT DESA JEKULO TERHADAP KEPUASAN PELAYANAN DI BALAI DESA JEKULO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_31001600375_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_31001600375_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
Abstract
Dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, pemerintah membentuk instansi yang bergerak dibidang pelayanan masyarakat salah satunya balai Desa. Peran Balai Desa ialah memberikan pelayanan kepada masyarakat serta mempermudah urusan masyarakat sehingga timbul kepuasan dan perspesi positif dengan pelayanan yang diberikan oleh Balai Desa. Namun berbeda dengan Balai Desa Jekulo, masih terdapat kendala khususnya sosialisasi untuk masyarakat awam tentang pelayanan administrasi di Balai Desa kurang terlaksana dengan baik. Penelitian ini menerapkan teori marketing mix bagaimana strategi komunikasi dan persepsi dibangun untuk meningkatkan kualitas pelayanan di Balai Desa Jekulo. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan jenis penelitian lapangan yaitu metode observasi dan angket (angket). Peneliti kemudian menganalisis data menggunakan uji statistik dengan menggunakan program IBM SPSS 20 untuk menemukan bukti dari masing-masing variabel yang diteliti dan untuk mengetahui hubungan antara variabel independen dan dependen. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden, dan metode pengujian datanya adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua kuesioner dinyatakan valid. Strategi komunikasi dan persepsi masyarakat Desa Jekulo berpengaruh signifikan dan nyata terhadap kepuasan pelayanan di Balai Desa Jekulo. Hasil uji reliabilitas semua variabel strategi komunikasi sebesar 0.904, persepsi masyarakat sebesar 0.807 dan kepuasan sebesar 0.871. Variabel Strategi komunikasi dan Persepsi masyarakat secara parsial berpengaruh terhadap kepuasan pelayanan di Balai Desa Jekulo dengan presentase sebesar 65,2%. Keterbatasan penelitian yaitu responden hanya satu tempat yang artinya belum bisa digeneralisasikan atau karakteristik kurang beragam dan saran untuk penelitian selanjutnya lebih aktif, teliti dan perbanyak wawasan dengan membaca buku dan jurnal. Kata Kunci: Balai Desa; Kepuasan Pelayanan; Persepsi Masyarakat; Strategi Komunikasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 06:21 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 06:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27169 |
Actions (login required)
View Item |