PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03

Yulifa, Emi (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI GEMBONG 03. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800027_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV cenderung rendah dikarenakan proses pembelajaran berpusat pada guru karena menerapkan model pembelajaran konvensional. Pembelajaran tersebut berdampak pada hasil belajar kognitif peserta didik, karena tidak dapat mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem posing terhadap hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil belajar kognitif peserta didik dengan model pembelajaran problem posing dapat memenuhi KKM atau tidak. Jenis dari penelitian ini ialah Pre experimental Design dengan One Group Pretest Posttest. Populasi dan sampel yang digunakan ialah kelas IV SDN Gembong 03. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Paired Sample T Test yang menunjukkan bahwa Lower bernilai negatif dan Upper bernilai negatif atau Sig. = 0,000 < α = 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh hasil belajar kognitif yang signifikan menggunakan model pembelajaran problem posing. Sementara itu penelitian ini juga menggunakan uji One Sample T Test yang menunjukkan bahwa t_hitung = 4,774 > t_tabel = 2,093 atau sig. 0,000 < 0,05 maka Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kognitif peserta didik kelas IV minimal 69 (μ_o ≥ 69). Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Posing, Hasil belajar kognitif, Matematika.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 06:19
Last Modified: 17 Jan 2023 06:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27166

Actions (login required)

View Item View Item