STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA ALAM WATU LAYAH DI TEMANGGUNG

Arifin, Muhammad (2022) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN WISATAWAN PADA OBJEK WISATA ALAM WATU LAYAH DI TEMANGGUNG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Komunikasi_31001500317_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Komunikasi_31001500317_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)

Abstract

Watu Layah merupakan tempat wisata alam yang terletak di Desa Tlogopucang sebelah utara, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung. Destinasi wisata tersebut merupakan tempat yang sangat sejuk dan alamnya yang masih sangat asri. Akan tetapi, Wisata tersebut mengalami penurunan jumlah pengunjung setiap tahunnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Obyek Wisata Watu Layah Temanggung untuk mempertahankan jumlah pengunjung yang ada. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer berupa wawancara dan sekunder yang didapatkan dari buku, internet dan jurnal. Landasan teori yang digunakan adalah teori markering mix dengan menggunakan aspek 7P dan penyusunan tindakan dari John Greene. Berdasarkan pengamatan serta analisa yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa Strategi Tim Pengelola Obyek Wisata Watu Layah telah melakukan strategi komunikasi dan promosi dengan maksimal. Komunikasi dilakukan dengan masyarakat sekitar dan pegiat kesenian untuk mengisi kegiatan kesenian di area obyek wisata sebagai media hiburan. Strategi Promosi dilakukan dengan melakukan promosi di sosial media dan promosi offline yaitu dengan melakukan pengumuman menggunakan mobil inventaris berkeliling di sekitaran Kecamatan Kandangan. Akan tetapi, Obyek Wisata bertemakan alam merupakan Obyek Wisata musiman dimana pengunjung hanya tertarik ketika awal berdirinya Obyek Wisata saja. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa Strategi Komunikasi Pemasaran yang dilakukan oleh Tim Obyek Wisata Watu Layah sudah maksimal meskipun selalu mengalami penurunan pengunjung setiap tahunnya. Kata Kunci : Strategi, Komunikasi Pemasaran, Wisatawan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:32
Last Modified: 17 Jan 2023 04:32
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27161

Actions (login required)

View Item View Item