ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI KANGKUNG 2 MRANGGEN DEMAK

Mahmudah, Dwi (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN BERBASIS ETNOMATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN DI KELAS V SD NEGERI KANGKUNG 2 MRANGGEN DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800024_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah terdapat siswa yang masih salah untuk menyelesaikan soal operasi hitung pecahan. Hal yang mempengaruhi masalah tersebut adalah karena siswa merasa cemas berlebihan sebelum menerima pembelajaran dari guru, siswa memiliki perasaan takut,dan siswa ingin menghindari belajar matematika. Tidak hanya itu, siswa berfikir bahwa pembelajaran yang disampaikan oleh guru tidak ada kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah adalah (1) menganalisis pembelajaran berbasis etnomatematika materi operasi hitung pecahan yang terdapat di SD Negeri kangkung 2 Mranggen Demak, (2) mendeskripsikan hasili belajari matematikai siswai padai pembelajarani berbasisi etnomatematikai materii operasii hitungi pecahani dii SDi Negerii Kangkungi 2i Mranggeni Demak.i Metodei darii penelitiani inii adalahi penelitiani kualitatif.i Hasili penelitiani inii adalahi (1)i pembelajarani matematikai berbasisi etnomatematikai dilaksanakani gurui untuki memudahkani siswai memahamii materii yangi disampaikan,i (2)i darii 22i subjeki mengerjakani soali matematikai berbasisi etnomatematikai dikelompokkani menjadii 3i yaitui kemampuani tinggi,i sedangi rendah.i Untuki kemampuani tinggii terdapati 7i siswa,i kemampuani sedangi terdapati 8i siswa,i dani untuki kemampuani rendahi terdapati 7i siswa.i Kesimpulani (1)i Modeli pembelajarani etnomatematikai operasii hitungi pecahani sangati tepati diterapkani dii SDi Negerii Kangkungi 2i Mranggeni Demak.i Penyampaikani materii operasii hitungi pecahani gurui menyampaikani materii penjumlahan,i pengurangan,i perkalian,i dani pembagian.i Namun,i gurui menyampaikani materii pembelajarani berbasisi etnomatematikai tidaki menggunakani mediai pembelajarani yangi nyata.i Gurui hanyai menggambari bentuki kuei lapisi dani dodoli ketani dipapani tulis.i Pelaksanaani pembelajarani yangi dilaksanakan,i siswai terlibati aktifi bertanyai mengenaii materii yangi sampaikani olehi guru.i Langkahi pembelajarani yangi dilaksanakani dimulaii darii kegiatani pendahuluan,i kegiatani intii dani kegiatani penutup.i (2)i Kelebihani darii pembelajarani matematikai berbasisi etnomatematikai dengani modeli pembelajarani yangi lainnyai adalah:i a)i lebihi memudahkani siswai untuki memahamii materii operasii hitungi pecahan,i b)i mengubahi carai berfikiri siswai darii yangi abstraki menjadii lebihi realistis,i c)i dapati meningkatkani motivasii belajari siswai padai pembelajarani matematikai karenai materii yangi diajarkani adai kaitannyai dengani kehidupani sehari-harii siswa,i d)i dapati meningkatkani kemampuani kreativitasi dalami berfikir. Kata Kunci : Matematika, Pembelajaran Etnomatematika, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:26
Last Modified: 17 Jan 2023 04:26
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27160

Actions (login required)

View Item View Item