PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 03 PELANG

Soraya, Dewi (2022) PENGARUH MODEL REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA MATEMATIKA SISWA KELAS II SD NEGERI 03 PELANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800021_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif penggunaan model Realistic Mathematisc Education (RME) terhadap hasil belajar pemecahan masalah soal cerita matematika siswa kelas II SD Negeri 03 Pelang. Kurangnya siswa dalam memahami masalah soal cerita serta dalam membayangkan masalah yang ada pada soal cerita belum optimal. Model RME akan memberikan pengalaman yang nyata kepada siswa dan memberikan kesempatan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan matematika mereka sendiri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen, Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IIA dan IIB di SD Negeri 03 Pelang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu berbentuk tes (uraian). Sedangkan teknik analisis data meliputi analisis uji coba instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran RME terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita siswa antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan uji paired sample t test bahwa pada output Pair 1 diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 yang artinya 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Selain itu, pada uji independent sample t test bahwa pada Equal Variances diperoleh Sig.(2-tailed) sebesar 0,000. Jika Sig.(2-tailed) < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan model pembelajaran RME membuat siswa aktif mengikuti pembelajaran sehingga kemampuan pemecahan masalah siswa tercapai optimal. Kata kunci : Realistic Mathematic Education (RME), kemampuan pemecahan masalah, soal cerita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 04:12
Last Modified: 17 Jan 2023 04:12
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27157

Actions (login required)

View Item View Item