PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMECARD DI KELAS V SD NEGERI 2 KEDUNGSARIMULYO

Kurniawan, Deny Hafiz (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN GAME-BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMECARD DI KELAS V SD NEGERI 2 KEDUNGSARIMULYO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800019_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 2 Kedungsarimulyo semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 melalui metode game-based learning berbantuan media gamecard. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus di SD Negeri 2 Kedungsarimulyo dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V SD Negeri 2 Kedungsarimulyo Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 11 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan Classroom Action Research desain Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian adalah melalui metode Game-Based Learning berbantuan media gamecard dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dari kondisi awal aspek merumuskan masalah 68%, aspek mengungkapkan fakta 73%, dan aspek merespon positif 73% ke kondisi siklus I aspek merumuskan masalah 82%, aspek mengungkapkan fakta 86%, dan aspek merespon positif 77%. Meningkat lagi ke kondisi akhir siklus II aspek merumuskan masalah 95%, aspek mengungkapkan fakta 93%, dan aspek merespon positif 93% di kelas V SD Negeri 2 Kedungsarimulyo semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Nilai siswa meningkat dari kondisi awal nilai rata-rata 52.3 dengan ketuntasan 36.4% ke kondisi siklus I nilai rata-rata 58.2 dengan ketuntasan 54.5%. Meningkat lagi ke kondisi akhir pada siklus II nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan 100% pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kedungsarimulyo semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Disimpulkan, melalui metode game-based learning berbantuan media gamecard dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SD Negeri 2 Kedungsarimulyo semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, metode Game-Based Learning, media gamecard

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:59
Last Modified: 17 Jan 2023 02:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27155

Actions (login required)

View Item View Item