PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STICK POUCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI KEDALINGAN 02

Sari, Deni Kartika (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN STICK POUCH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS II SD NEGERI KEDALINGAN 02. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
34301800017_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Pemahaman konsep perkalian dan pembagian merupakan kemampuan siswa untuk memahami konsep perkalian dan pembagian telah diberikan dan siswa mampu memberikan suatu gambaran serta siswa mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan siswa kelas II SDN Kedalingan 02 masih tergolong rendah. Diperlukan guru yang kreatif dan inovatif dalam pembelajaran khususnya pembelajaran yang dapat menerapkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat memabantu mengembangkan konsep perkalian dan pembagian dan dapat melibatkan siswa menjadi aktif di dalam pembelajaran yaitu media pembelajaran stick pouch. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen tepatnya dengan pre eksperimental desaign. Sampel sistematis dari populasi 16 diambil sebanyak 15 siswa. Tujuan dari penelitian ini, untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran stick pouch terhadap pemahaman konsep perkalian dan pembagian pada pembelajaran matematika kelas II SDN Kedalingan 02, serta untuk apakah pemahaman konsep perkalian dan pembagian pada siswa kelas II yang menggunakan media pembelajaran stick pouch dapat memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dikelas II SDN Kedalingan 02. Hasil uji normalitas data menunjukkan bahwa nilai pretest dan posttest berdistribusi normal. Dibuktikan dari Sig. pretest 0,069 dan Sig. posttest 0,44 yang nilainya > nilai α sebesar 0,05. Uji hipotesis pertama berupa uji t (paired sample t-test) menunjukkan adanya pengaruh dilihat dari Lower dan Upper bernilai negative yaitu Lower sebesar -28.11005 dan Upper sebesar -21.51495. Nilai Sig. (2-tailed) senilai 0,000 yang artinya < 0,05 dan uji hipotesis yang kedua berupa uji t (One Sample t-test) menunjukkan bahwa ada perkembangan dilihat dari Asymp (2 tailed) < α maka nilai Asymp (2 tailed) = 0,000 < 0,05 dengan Kriteria pengujian yang berlaku yaitu Ho akan ditolak maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci : Konsep Perkalian dan Pembagian, dan Media Stick Pouch

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:50
Last Modified: 17 Jan 2023 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27151

Actions (login required)

View Item View Item