PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TEKNIK PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION (PMR) DENGAN TERAPI MUSIK TERHADAP KECEMASAN DAN NYERI PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI

Tamami, Umi (2022) PERBANDINGAN EFEKTIVITAS TEKNIK PROGRESSIVE MUSCLE RELAXATION (PMR) DENGAN TERAPI MUSIK TERHADAP KECEMASAN DAN NYERI PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENJALANI KEMOTERAPI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000265_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000265_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)

Abstract

Umi Tamami Perbandingan Efektivitas Teknik Progressive Muscle Relaxation (PMR) Dengan Terapi Musik Terhadap Kecemasan Dan Nyeri Pasien Kanker Payudara Latar Belakang : Penyakit kanker menjadi tren dan isu masalah kesehatan dengan tingkat kematian paling tinggi. Kanker payudara mempunyai manifestasi yang kompleks tergantung jaringan dan organ yang dipengaruhi serta jenis sel kankernya. Pengobatan kanker yang menjadi banyak pilihan adalah kemoterapi. Kemoterapi menyebabkan efek samping secara fisik seperti nyeri dan masalah mental seperti kecemasan. Tindakan keperawatan untuk menurunkan nyeri dan kecemasan adalah dengan terapi musik dan Progresive Muscle Relaxation (PMR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan efektivitas teknik Progressive Muscle Relaxation (PMR) dengan terapi musik terhadap kecemasan dan nyeri pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Metode: Jenis penelitian Quasy eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Desig. Populasi penelitian ini adalah pasien kanker payudara di RSI Sultan Agung Semarang. Teknik sampling dengan purposive sampling sehingga besar sampel sebanyak 32 responden yang terbagi menjadi 2 kelompok. Analisa data secara statistik dengan Mann Whitney. Hasil: Perbandingan musik dan PMR pada nyeri mendapatkan nilai p 0,021, sedangkan pada kecemasan mendapatkan nilai p 0,006. Simpulan: Terdapat perbedaan efektivitas teknik Progressive Muscle Relaxation (PMR) dengan terapi musik terhadap nyeri dan kecemasan pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kata Kunci : Teknik Progressive Muscle Relaxation (PMR), Terapi Musik, Kecemasan, Nyeri, Kanker Payudara, Kemoterapi. Daftar Pustaka : 77 (2014-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:17
Last Modified: 17 Jan 2023 02:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27141

Actions (login required)

View Item View Item