EFEKTIVITAS BERMAIN TERAPEUTIK DAN TERAPI MUSIK LAGU ISLAMI ANAK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG NISA I RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

RACHMAWATI, RACHMAWATI (2022) EFEKTIVITAS BERMAIN TERAPEUTIK DAN TERAPI MUSIK LAGU ISLAMI ANAK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN AKIBAT HOSPITALISASI PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI RUANG NISA I RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000264_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000264_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB)

Abstract

Latar Belakang: Hospitalisasi adalah keadaan yang mengharuskan anak untuk tinggal di rumah sakit di karenakan suatu alasan terencana atau mendesak, guna menjalani perawatan dan pengobatan sampai diperbolehkan pulang. Anak yang baru pertama kali dirawat mengalami kecemasan hospitalisasi dampak stres terhadap penyembuhan adalah menurunkan respon imun sehingga mudah terserang penyakit. Beberapa cara digunakan untuk mengurang kecemasan hospitalisasi antara lain Bermain terapeutik mewarnai dan terapi music. Metode: pre eksperimental dengan pretest dan post test with control two group. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 36 responden, 18 kelompok bermain terapeutik mewarnai dan 18 terapi musik lagu islami menggunakan purposive sampling, menggunakan chi-square Hasil: Hasil penelitian kelompok bermain terapeutik mewarnai responden berusia 3 tahun, berjenis kelamin laki-laki sedangkan pada kelompok terapi musik islami mayoritas responden berusia 3 tahun dan berjenis kelamin laki-laki. Sebagaian besar cemas akibat hospitalisasi pada kelompok terapeutik bermain mewarnai sebelum mengalami cemas berat sebanyak 7 (38,9%) dan setelah dilakukan bermain terapeutik mewarnai mengalami cemas ringan sebanyak 6 (33,3%). Sebagaian besar cemas akibat hospitalisasi pada kelompok terapi musik Islami sebelum mengalami cemas sedang sebanyak 7 (38,9%) dan setelah dilakukan terapi terapi musik Islami mengalami cemas ringan sebanyak 8 (44,4%). Simpulan: Hasil uji statistik terapi bermain terapeutik didapatkan nilai p = 0,012 dan kelompok musik Islami 0,007 (p value < 0,05), ada perbedaan yang significant antara kecemasan sebelum dan sesudah pada intervensi terapi bermain terapeutik mewarnai dan terapi musik islami. Bermain terapeutik mewarnai dan terapi musik lagu islami sama-sama efektif dalam penurunan kecemasan akibat hospitalisasi pada anak dengan nilai p value < 0,05 Kata kunci: bermain terapeutik mewarnai, terapi musik lagu islami, kecemasan, hospitalisasi Daftar Pustaka: 41 (2011 – 2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:16
Last Modified: 17 Jan 2023 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27140

Actions (login required)

View Item View Item