PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERSIAPAN PULANG PASIEN PASCA OPERASI NEFROLITOTOMY DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG

RIZKI, NURIN HAKIKI (2021) PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN PERSIAPAN PULANG PASIEN PASCA OPERASI NEFROLITOTOMY DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000261_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000261_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Latar Belakang : Nefrolitiasis merupakan terbentuknya batu yang terdapat pada tubuli ginjal yang berada pada bagian kaliks dan pelvis ginjal. Discharge planning merupakan perencanaan yang dilakukan untuk pasien dan keluarga sebelum pasien meninggalkan rumah sakit dengan tujuan agar pasien dapat mencapai kesehatan yang optimal dan mengurangi biaya rumah sakit. (Rakhmawati dkk, 2012). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan persiapan pulang pasien pasca operasi nefrolitotomi. Metode : Desain penelitian ini menggunakan pre eksperimen dengan pendekatan one group pre – post test design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 15 responden untuk masing – masing kelompok sehingga total sampel sebanyak 30 responden. Hasil Penelitian : Berdasarkan uji cochran didapatkan hasil p value 0,003 (<0,05) yang menunjukan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan pengetahuan. Hasil analisis data menggunakan uji Paried T Test berpasangan dengan P value<0,05 dan di dapatkan p value 0,000 (<0,05) yang menunjukan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan kesiapan pulang. Simpulan : Berdasarkan analisa data didapatkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan persiapa pulang pasien post operasi nefrolitotomy RSISA Semarang. Kata kunci : Nefrolitotomi, persiapan pulang, tingkat pengetahuan Daftar pustaka : 29 (2007-2021)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:15
Last Modified: 17 Jan 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27137

Actions (login required)

View Item View Item