KHOIRUDIN, AFIF (2022) PENGARUH METODE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PADA MUATAN IPA SISWA KELAS 4 SD NEGERI 1 TURIREJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
34301800004_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together pada materi Sumber Daya Alam kelas IV Sd Negeri 1 Turirejo dalam memahami pembelajaran muatan IPA. Desain penelitian kuantitatif merupakan jenis eksperimen yang tujuannya menyelidiki dan melakukan uji coba pembelajaran menggunakan metode pembelajaran Numbered Heads Together terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Dalam penelitian ini eksperimen yang digunakan oleh peneliti mendapat perlakuan atau treatment. Desain dalam penelitian ini berupa Quasi Experimenttal Desain lebih tepatnya menggunakan non-equivalent control group, design ini digunakan karena kesulitan mendapatkan kelompok kontrol yang digunakan untuk penelitian. Dan dalam penelitian ini penentuan sampel dilakukan denga cara Probability Sampling yang mana teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap anggota populasi untuk menjadi anggota sampel dengan teknik Simple Random Sampling, pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu, didapat 48 sample yang terdiri dari 2 kelas 4 yaitu kelas A dan B. Pada uji hipotesis pertama (Paired Sample t test) memperlihatkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan menyelesaikan soal kemampuan berfikir kritis. Hal ini dibuktikan pada kelas kontrol terlihat pada kolom Lower dan Upper masing-masing bernilai negatif yakni -26.743 untuk Lower dan -14.457 untuk Upper. Nilai Sig. (2-tailed) 0.000 dengan ini menunjukan bahwa: H0 ditolak yang berarti Ha diterima dengan begitu : Terdapat pengaruh kemampuan menyelesaikan soal kemampuan berfikir kritis yang signifikan dalam mata pelajaran IPA antara sebelum dan sesudah menggunakan metode Numbered Head Together terhadap kemampuan berfikir kritis. Sedangkan pada kelas eksperimen terlihat kolom Lower dan Upper masing-masing bernilai negatif yakni -35.117 pada kolom Lower dan -23.579 pada kolom Upper. Nilai Sig. (2-tailed) 0.000 hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak sedangkan Ha diterima, dengan begitu Terdapat pengaruh kemampuan menyelesaikan soal kemampuan berfikir kritis yang signifikan dalam mata pelajaran IPA antara sebelum dan sesudah menggunakan metode Numbered Head Together terhadap kemampuan berfikir kritis. Pada uji hipotesis ke dua (One Sample t test) Kemampuan berpikir kritis siswa pada muatan IPA telah memenuhi kriteria ketuntasan Minimum. Hal ini diperkuat dengan hasil uji hipotesis dengan rumus One Sample t test nilai ttabel pada ∝ 5%, berdasarkan uji tersebut diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5.632 > 1.708 pada kelas kontrol dan t hitung > t tabel yaitu 5.033 > 1.714 pada kelas eksperimen, maka Ha diterima yang berarti terdapat kemampuan berfikir kritis siswa dalam muatan IPA kelas IV SD N 1 Turirejo telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Kata Kunci: Numbered Head Together, Berfikir Kritis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 1 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Jan 2023 02:23 |
Last Modified: | 17 Jan 2023 02:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27119 |
Actions (login required)
View Item |