PEMBATALAN AKTA PENGIKATAN JUAL BELI YANG DILAKUKAN DIHADAPAN NOTARIS OLEH SALAH SATU PIHAK PIHAK (Putusan Nomor 571/Pdt/2017/PT. BDG)

KOMARUDIN, KOMARUDIN (2022) PEMBATALAN AKTA PENGIKATAN JUAL BELI YANG DILAKUKAN DIHADAPAN NOTARIS OLEH SALAH SATU PIHAK PIHAK (Putusan Nomor 571/Pdt/2017/PT. BDG). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
21302000044_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)

Abstract

Akta Pengikatan Jual Beli merupakan akta otentik yang memiliki kekuatan pembuktian yang sempurna. Hal ini dimaksudkan oleh para pihak untuk lebih memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi para pihak yang membuatnya, karena notaris dalam membuat suatu akta tidak berpihak dan menjaga kepentingan para pihak secara obyektif. Namun suatu perjanjian tidak selamanya dapat berjalan sesuai dengan kesepakatan yang diinginkan oleh para pihak. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimana pertimbangan hukum yang digunakan oleh Hakim dalam mengambil keputusan atas pembatalan akta pengikatan jual beli yang dilakukan dihadapan notaris oleh para pihak? 2) Bagaimana akibat hukum pembatalan akta pengikatan jual beli oleh Hakim yang dilakukan dihadapan notaris oleh para pihak? 3) Bagaimana upaya hukum yang dapat dilakukan oleh para pihak dalam pembatalan akta pengikatan jual beli yang dilakukan dihadapan notaris? Metode pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif. Spesifikasi penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis. Teknik dan pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Research). Metode analisis data menggunakan analisis data deskriptif dengan menggunakan metode berfikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pertimbangan hukum yang digunakan oleh Hakim dalam mengambil keputusan atas pembatalan akta pengikatan jual beli yang dilakukan dihadapan notaris oleh para pihak adalah apabila salah satu pihak wanprestasi dan untuk menuntut berdasarkan pada pasal-pasal yang telah disepakati. 2) Akibat hukum pembatalan akta pengikatan jual beli oleh Hakim yang dilakukan dihadapan notaris oleh para pihak adalah ganti kerugian, pembatalan perjanjian, dan pembatalan disertai ganti kerugian. 3) Upaya hukum yang dapat dilakukan oleh para pihak dalam pembatalan akta pengikatan jual beli yang dilakukan dihadapan notaris adalah pembeli dapat melakukan tuntutan ganti kerugian dalam pemenuhan rasa keadilan. Kata Kunci: Akta Pengikatan Jual Beli, Notaris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:23
Last Modified: 17 Jan 2023 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27118

Actions (login required)

View Item View Item