ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MUHAJIRIN KOTA SEMARANG

Prasetyo, Ade Salim (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 DI SEKOLAH DASAR ISLAM PLUS MUHAJIRIN KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301800003_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dan faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Sekolah Dasar (SD) Islam Plus Muhajirin kota Semarang. Untuk mencapai fokus penelitian, maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif studi kasus. Subyek penelitian ini adalah 1 guru kelas 4 SD dan 25 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan wawancara. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman yaitu: 1) Pengumpulan Data, 2) Mereduksi Data, 3) Penyajian Data, 4) Penarikan Kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian kesulitan belajar siswa yang dialami oleh siswa yaitu pada materi pengukuran sudut. Kesulitan belajar yang dialami siswa adalah kesulitan pemecahkan masalah meliputi siswa salah dalam mengukur sudut, siswa salah dalam menentukan besar sudut, siswa salah dalam menggambar sudut, siswa tidak memberikan jawaban. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa yang peneliti temukan di Sekolah Dasar (SD) Islam Plus Muhajirin kota Semarang yaitu: Faktor internal yaitu siswa merasa bosan, pembelajaran yang kurang bermakna akan timbul rasa bosan pada diri siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika. Siswa tidak membawa alat tulis lengkap, matematika tidak hanya menghitung, akan tetapi matematika juga mengukur sehingga dibutuhkan alat tulis yang lengkap untuk menunjang proses belajar siswa. Faktor eksternal yaitu guru tidak menggunakan media pembelajaran, siswa merasa bosan, siswa tidak membawa alat tulis lengkap. Pembelajaran dikelas guru perlu menggunakan media pembelajaran. Media pembelajaran sangat membantu siswa agar lebih mudah memahami materi yang diterima. Apabila guru tidak menggunakan media pembelajaran maka keberhasilan belajar rendah. Materi yang diterima oleh siswa akan sulit untuk dipahami. Kata Kunci: Kesulitan belajar siswa, faktor penyebab, matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:22
Last Modified: 17 Jan 2023 02:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27116

Actions (login required)

View Item View Item