PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “PROJECT FRACTION BOOK” MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III

Khasanah, Milatul (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR “PROJECT FRACTION BOOK” MATERI PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS III. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301800001_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (56kB)

Abstract

Milatul Khasanah. (2022). Pengembangan Bahan Ajar " Project Fraction Book" Materi Pecahan terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas III. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung. Pembimbing I : Nuhyal Ulia, M.Pd., Pembimbing II : Dr. Rida Fironika Kusumadewi, M.Pd. Penelitian ini fokus pada pengembangan bahan ajar dengan hasil akhir berupa buku cetak yang didalamnya memuat materi pecahan. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurang tersedianya bahan ajar dan rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar “ Project Fraction Book” materi pecahan kelas III. Metode yang digunakan adalah metode R&D dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implement, Evaluate). Berdasarkan lima tahapan pengembangan bahan ajar “ Project Fraction Book” dari validasi kelayakan media memperoleh presentase 91,3% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan kepraktisan guru memperoleh presentase 88% dengan kategori “sangat praktis” dan siswa memperoleh presentase 93,6% dengan kategori “sangat praktis”. Bahan ajar dinyatakan efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil nilai tes siswa yang menunjukkan perbedaan nilai pada pretest dan posttest. pada pretest mendapatkan jumlah nilai 1030 dengan rata-rata 42,9. Sedangkan untuk posttest mendapatkan jumlah nilai 1740 dengan rata-rata 72,5 Hasil uji paired sample t test menunjukkan Sig. (2-tailed) = 0,000 <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar “ Project Fraction Book” memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif. Kata kunci: Bahan Ajar, Project Fraction, Berpiki kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:40
Last Modified: 17 Jan 2023 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27108

Actions (login required)

View Item View Item