PENGEMBANGAN E-LKPD MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS III SD NEGERI GEBANGSARI 01

Nugraheni, Sinta Dwi (2022) PENGEMBANGAN E-LKPD MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS III SD NEGERI GEBANGSARI 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
34301700044_fullpdf.pdf

Download (5MB)
[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada pengembangan E-LKPD Matematika pada materi pengukuran kelas III SDN Gebangsari 01. Penelitian ini dilatar belakangi oleh masa pandemi yang sudah berlangsung cukup lama mengakibatkan peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Sebelumnya pendidik hanya menggunakan bahan ajar berupa buku paket, video conference, kemudian melakukan evaluasi dengan meminta peserta didik mengerjakan latihan yang ada dibuku paket. pengajaran ini lama kelamaan dinilai kurang cocok karena menyebabkan kejenuhan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan keefektifan E-LKPD. Penelitian ini merupakan Research and Developmen (R & D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu Analysis, Design, Developmen, Implement, dan Evaluate. E-LKPD Matematika dinyatakan layak dari hasil uji validasi oleh dua validator, diperoleh skor 89 dan skor 94, dari skor kedua validator dihitung dengan rumus Aiken’s didapatkan hasil V = 0,89 dengan kategori “Valid”. E-LKPD Matematika mendapatkan respon “Baik” dari pendidik skor dikonferensikan dalam bentuk persen yakni pada angka 76% dengan kategori “Baik”. Sedangkan untuk respon peserta didik skor rata-rata dalam persentase 85% dengan kategori “Sangat baik”. Uji keefektifan E-LKPD dilakukan dengan uji hipotesis berupa Uji t (paired sample t-test), hal ini terlihat pada kolom Lower dan Upper masing-masing bernilai negatif yakni -25.696 untuk Lower dan -17.518 Upper. Nilai dari Sig. (2-tailed): 0,000. Nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 bahwa Ho ditolak berarti Ha diterima. Dengan begitu, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan dalam mata pelajaran Matematika pada materi pengukuran antara sebelum dan sesudah menggunakan produk E-LKPD. Kata kunci: E-LKPD Matematika, Materi Pengukuran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:38
Last Modified: 17 Jan 2023 02:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27105

Actions (login required)

View Item View Item