ENGARUH KOMPRES AIR HANGAT DAN AROMATERAPI JASMINE TERHADAP PENURUNAN NYERI POST OP DI RUANG BAITUL SALAM 2 DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG

SETIYAWATI, DWI SRI (2022) ENGARUH KOMPRES AIR HANGAT DAN AROMATERAPI JASMINE TERHADAP PENURUNAN NYERI POST OP DI RUANG BAITUL SALAM 2 DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000254_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Keperawatan_30902000254_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB)

Abstract

Latar belakang : operasi adalah tindakan secara invasif, dengan membuka atau menampilkan bagian tubuh yang ditanganai, bagian tubuh yang dilakukan sayatan sehingga menimbulkan rasa nyeri oleh karna itu membutuhkan penanganan non farmakologi yaitu dengan kompres air hangat dan aromaterapi jasmine tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh kompres air hangat dan aromaterapi jasmine. Metode : penelitian berjenis kuantitatif dengan desain quasi experimental with control grup menggunakan rancangan pretest-posttest design. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah responden 17 orang untuk kedua kelompok. Menggunakan uji Wilcoxon untuk kelompok intervensi dan kelompok kontrol dan uji Mann Whitney untuk perbandingan kedua kelompok. Hasil : ada pengaruh kelompok intervensi (p value 0,00) dan ada pengaruh kelompok kontrol (p value 0,039), keduanya tidak ada perbedaan yang bermakna (0,317). Simpulan dan Saran : tidak ada perbedaan signifikan antara kelompok intervensi dan kelompok kontrol terhadap penurun nyeri post oprasi, peneliti selanjutnya mampu mengendalikan responden untuk lebih percaya diri dalam mengisi instrumen dan mengembangkan terapi yang lain untuk mengatasi nyeri post operasi. Kata kunci : nyeri post oprasi, kompres air hangat, aromaterapi jasmine Daftar Pustaka : 52 (2012-2020)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jan 2023 02:48
Last Modified: 17 Jan 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/27096

Actions (login required)

View Item View Item